Peluncuran Hajatan Pilgub Jatim Terganjal Dana

Peluncuran Hajatan Pilgub Jatim Terganjal Dana

Bintang Pos, Surabaya – Peluncuran hajatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur ke seluruh kabupaten/kota se-Jatim yang dijadwalkan serentak 24 Maret ditunda 7 April dan sosialisasi tingkat provinsi pada 30 Maret ditunda 13 April akibat terganjal dana belum cair.

“Insya-Allah, tahapan Pilgub Jatim tidak akan terganggu, namun beberapa kegiatan sosialisasi tertunda jadwalnya akibat dana Pilgub Jatim sebesar Rp576 miliar hingga kini belum cair,” kata komisioner KPU Jatim H Nadjib Hamid kepada Antara di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, dana sebesar Rp576 miliar itu belum cair sama sekali, sehingga kegiatan sosialisasi terganggu, namun dana sebesar itu diharapkan segera cair, sehingga hanya kegiatan sosialisasi yang terganggu, sedangkan tahapan Pilgub Jatim tidak terkendala.

“Kami belum tahu masalah yang menyebabkan terganjalnya pencairan dana itu, namun ada beberapa faktor sinkronisasi dana antar-penyelenggara yang masih belum ada titik temu, misalnya dana pengawasan oleh panwas dan pengawasan oleh PPK yang belum selesai dibahas Bawaslu dan KPU,” katanya.

Sesuai Keputusan KPU Provinsi Jawa Timur Nomor 02/Kpts/KPU-Prov-014/2013, jadwal Pilgub Jatim adalah proses pendaftaran calon untuk Pilgub Jatim 2013 akan dimulai pada 7-11 April 2013, kampanye calon gubernur pada 12-25 Agustus 2013, dan hari H pelaksanaan pada 29 Agustus 2013. (ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *