Pelindo III Salurkan 114 Ekor Hewan Qurban

Pelindo III Salurkan 114 Ekor Hewan Qurban

Surabaya  – Sedikitnya 114 hewan qurban yang terdiri atas sapi dan kambing disalurkan ke masyarakat sekitar Pelabuhan Tanjung Perak dan Ta’mir Masjid/Mushola, yayasan/lembaga serta panti asuhan yang tersebar di Surabaya dan sekitarnya.


“Ratusan hewan qurban tersebut berasal dari keluarga besar karyawan Kantor Pusat PT Pelindo III dan Pelindo III Cabang Tanjung Perak, anak perusahaan PT Pelindo III serta mitra kerja PT Pelindo III yang mempercayakan penyaluran hewan qurban melalui Pelindo III,” ujar Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto, Senin (14/10/2013).

Hewan-hewan kurban ini akan disalurkan kepada masyarakat yang lemah secara ekonomi di beberapa tempat dalam bentuk daging yang dibagikan secara langsung perorangan, seperti masyarakat dhuafa dan kurang mampu serta tenaga kerja bongkar muat di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Selain dibagikan dalam bentuk daging, juga dibagikan dalam bentuk hewan hidup yang diserahkan kepada yayasan, lembaga, panitia, ta’mir masjid dan mushola sesuai dengan kriteria dan survey yang telah dilakukan oleh panitia sebelumnya.

“Kepanitian penyembelihan dan penyaluran hewan qurban seperti tahun biasanya diserahkan sepenuhnya kepada Ta’mir Masjid Baitul Hakam, panitia ini yang melakukan survei terlebih dahulu sebelum memberikan hewan qurban,” ucap Edi.

Kegiatan pembagian hewan kurban tersebut, kata Edi, sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Dari 34 ekor hewan qurban berupa sapi direncanakan akan disembelih pasca Sholat Ied besok Selasa, 15 Oktober 2013 sebanyak 6 ekor, yang selanjutnya akan dibagi dalam bentuk daging untuk dibagikan langsung kepada masyarakat, sedangkan sisanya sebanyak 28 ekor sapi disalurkan dalam bentuk hewan sapi hidup.

Rencananya dari 80 ekor kambing qurban ini yang akan disembelih setelah Sholat Ied hanya 3 ekor saja, sedangkan sisanya sebanyak 77 ekor kambing dibagikan dalam keadaan hewan hidup.

Dalam pelaksanaan kegiatan qurban ini, PT Pelindo III sebagaimana tahun sebelumnya bekerja sama dengan Ta’mir Masjid Baitul Hakam Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam penyembelihan dan penyalurannya sehingga diharapkan dalam penyalurannya dapat tepat sasaran dan menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat.bjt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *