Pelajar Indonesia Raih Medali di Olimpiade Kimia Moskow

Pelajar Indonesia Raih Medali di Olimpiade Kimia Moskow

Bintang Pos, Surabaya – Empat pelajar Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Kimia Indonesia berhasil meraih prestasi pada “The 45th International Chemistry Olimpiad” (IChO) di Moscow State University, Moskow, Rusia.

Sekretaris III Pensosbud KBRI Moskow Pratomo Adi Nugroho, Sabtu (27/7) mengatakan siswa yang menjadi Duta Indonesia Kompetisi ke-45 IChO, masing-masing mempersembahkan tiga medali perak dan satu perunggu dari kegiatan pada tanggal 15-24 Juli itu.

Dalam kompetisi ke-45 IChO itu merupakan partisipasi Indonesia yang ke-16. Kegiatan itu diikuti oleh 291 siswa dari 73 negara peserta aktif serta empat negara sebagai peninjau (observer).

Keempat pelajar Indonesia yang berhasil mempersembahkan medali adalah Ryan Bagus Fitradi dari SMAN 81 Jakarta, Ivan Kurniawandari SMAN 1 Purwokerto, Putu Ivan Budi Gunawan dari SMAN 4 Denpasar, Bali dan Jason Mahadika Nathanael SMAK Penabur, Gading Serpong.

Head Mentor Riwandi Sihombing PhD dari Departemen Kimia FMIPA UI mengatakan The 45thInternational Chemistry Olympiad (IChO) merupakan kompetisi kimia tahunan tingkat dunia yang diikuti siswa SMA terbaik dari setiap negara peserta.

Dikatakannya dalam kompetisi ini, setiap siswa menghadapi ujian tertulis kemampuan teori pengetahuan kimia dan ketrampilan praktek masing masing selama lima jam. “Soal-soal kimia yang diujikan oleh tuan rumah khas dengan tradisi Rusia yang sangat pelik, unik dan rumit, serta memerlukan imaginasi berbasis pengetahuan kimia yang cukup dalam,” ujar Riwandi Sihombing. (rbk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *