“Pejabat Hamas Diusir Atas Desakan Zionis”

“Pejabat Hamas Diusir Atas Desakan Zionis”

Bintang Post (GAZA) – Fraksi Hamas di Jalur Gaza mengecam keputusan Pemerintah Bulgaria yang mengusir delegasi Hamas di negaranya. Menurut Hamas, keputusan itu diambil Bulgaria atas desakan Zionis.

“Kami mengecam tindakan yang merefleksikan adanya desakan Zionis,” ujar juru bicara Hamas Taher al-Nunu,

Ketua Parlemen Palestina Ahmad Bahar meminta Bulgaria untuk meminta maaf atas keputusannya yang mendeportasi para pejabat Hamas itu. Bahar menegaskan, para pejabat Hamas yang dikirim ke Negara Balkan itu memiliki kekebalan diplomatik yang diberikan Parlemen Palestina.

Seperti diketahui, aparat keamanan Bulgaria menyerbu kamar hotel yang ditempati oleh delegasi Hamas. Mereka pun memulangkan para pejabat Hamas yang sudah berada di Bulgaria, ke Jalur Gaza.

Pada awalnya, keberhasilan kunjungan pejabat Hamas ke Bulgaria cukup disambut oleh fraksi politik Palestina di Gaza itu. Hamas menyebut kunjungan itu sebagai bukti bahwa Eropa sudah mulai terbuka dengan Hamas dan tidak keberatan untuk mengeluarkan Hamas dari daftar kelompok teroris.

Kunjungan pejabat Hamas ke Bulgaria juga ditujukan untuk menghadiri pertemuan dengan anggota Parlemen Bulgaria. Namun para delegasi Hamas telah diperingatkan oleh Pemerintah Bulgaria, mereka tidak boleh berada dalam waktu yang lama di negara Eropa itu.

Pemerintah Bulgaria juga memberitahukan peristiwa pengusiran tersebut kepda Duta Besar Palestina di Bulgaria. Dalam pemberitahuannya, pemerintah Bulgaria menyatakan  keberadaan delegasi Hamas di negaranya tidak dapat diterima dan mereka memutuskan untuk mengusir mereka.(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *