Pejabat ASEAN sepakati berantas kejahatan trans-nasional

Pejabat ASEAN sepakati berantas kejahatan trans-nasional

Bintang Pos, Hanoi – Kerjasama antar negara anggota ASEAN dengan mitra dialog penting dalam memberantas kejahatan trans-nasional yang melibatkan narkoba, perdagangan manusia, terorisme, dan teknologi tinggi demi stabilitas dan pembangunan kawasan.

Wakil Menteri Keamanan Umum Vietnam Le Quy Vuong membuat pernyataan ini pada sidang pembukaan Rapat ke-13 para Pejabat Senior ASEAN tentang Kejahatan Trans-nasional (SOMTC) dan pertemuan terkait di kota pesisir Da Nang, Vietnam tengah, Rabu.

Vietnam berkomitmen untuk menerapkan pernyataan dalam memerangi kejahatan yang dikeluarkan pada KTT ASEAN dan SOMTCs demi keberhasilan merealisasikan rencana keseluruhan untuk membangun Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN dan Masyarakat ASEAN 2015, kata kantor berita Vietnam yang dikelola negara mengutip pejabat tersebut.

Bertindak sebagai pertemuan persiapan menjelang Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN mengenai Kejahatan Trans-nasional (AMMTC), SOMTC berfokus pada langkah-langkah untuk memerangi terorisme dan perdagangan manusia.

Selain rapat gabungan, kepala delegasi ASEAN akan berbagi pengalaman dalam memerangi kejahatan di negara mereka dan berusaha untuk meningkatkan kerja sama di kawasan.

Konsultasi dan pertemuan dengan mitra dialog, termasuk China, Jepang, Republik Korea, Rusia, Australia, Selandia Baru, Uni Eropa dan Amerika Serikat akan berlangsung dalam upaya bekerja berbagi informasi mekanisme, program untuk meningkatkan kapasitas anti-terorisme dan orientasi untuk koordinasi dalam memerangi kejahatan transnasional. Demikian diberitakan Xinhua.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *