PDIP Paling Dipilih Anak Muda

PDIP Paling Dipilih Anak Muda

JAKARTA – PDI Perjuangan menjadi partai politik yang paling dipilih anak muda. Catatan itu tercermin lewat survei yang dilakukan Indobarometer kepada 1.200 pemuda berusia 17 sampai 30 tahun di seluruh Indonesia.“Partai politik yang paling banyak dipilih pemuda adalah PDIP sebanyak 18,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (11/12).

Qodari mengatakan, ada berbagai alasan  mengapa pemuda memilih PDI Perjuangan dalam survei bertajuk ‘Opini Pemilih Muda Terhadap Politik dan Demokrasi Di Indonesia Menjelang Pemilu 2014’ itu. Tiga alasan utama yang paling menentukan adalah PDI Perjuangan dianggap partai jujur, perhatian dengan rakyat, berjiwa sosial, dan tegas.

“Indeks kejujuran PDIP 77,8 persen, perhatian ke rakyat 49,3 persen, berjiwa sosial 45,5 persen, dan ketegasan 42,1 persen,” ujarnya.

Posisi kedua ditempati Partai Golkar. Elektabilitas Golkar di kalangan pemuda berada di angka 12,9 persen. Qodari mengatakan Golkar disukai pemuda dianggap sebagai partai yang sering dipilih dan kaya pengalaman.

“Yang memilih Golkar karena faktor kesetiaan sebanyak 66,7 persen. Sementara yang memilih karena Golkar dianggap partai berpengalaman sebanyak 60 persen pemuda,” kata Qodari.

Di peringkat ketiga ada Partai Gerindra. Gerindra dipilih pemuda karena mereka menyukai tokoh politik yang ada di Gerindra. “Elektabilitas Gerindra di kalangan pemuda sebanyak 8,2 persen,” ujar Qodari.

Berikut ini tingkat elektabilitas partai politik di kalangan pemilih muda berdasarkan survei Indobarometer, PDIP (18,8 persen), Golkar (12,9 persen), Gerindra (8,2 persen), PKB (4,7 persen), Hanura (2,8 persen), Demokrat (2,7 persen), PKS (1,7 persen), PPP (1,6 persen), PAN (1,4 persen), Nasdem (1,3 persen), PBB (0,1 persen), PKPI (0,0 persen), rahasia (7,6 persen), tidak memilih (0,8 persen), tidak tahu (9,3 persen).rep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *