PDI-P Berharap PKB dan Hanura masuk

PDI-P Berharap PKB dan Hanura masuk

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berharap mendapat dukungan dari Partai Hanura dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam menghadapi Pemilu Presiden 2014 dengan Joko Widodo sebagai bakal calon presiden.“Kami menunggu kabar baik dari sahabat kami PKB dan Hanura,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Eriko Sotarduga,Kamis (8/5/2014) pagi. Meski demikian, kata dia, PDI-P tak ingin tergesa-gesa atau memaksa dua partai itu segera merapat dalam poros yang mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden.

Eriko menegaskan, PDI-P akan mengikuti irama dalam proses penjajakannya. Secara prinsip, PDI-P hanya akan berkoalisi dengan partai yang tak mengedepankan praktik transaksional alias bagi-bagi kekuasaan.

Kalaupun tak terwujud koalisi saat pemilu presiden, ujar Eriko, peluang kerja sama antar-partai politik ini akan digeser menjadi koalisi di parlemen. Harapannya, ketika kemenangan didapat dan kepemimpinan pemerintahan digenggam, maka ada dukungan berupa sinergi dari parlemen untuk mendukung kebijakan pemerintah.

“Paling tidak, dengan komunikasi yang baik tentunya kita dapat bersama-sama, minimal di parlemen mendukung kepemimpinan Pak Jokowi bilamana Tuhan mengizinkan (kemenangan) melalui pilihan rakyat,” kata Eriko.

Sejauh ini, dukungan untuk PDI-P di pemilu presiden baru dipastikan datang dari Partai Nasdem. Sementara partai lain yang disebut hampir pasti bergabung adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Pada Selasa (6/5/2014) malam, Ketua Umum PKPI bertemu dengan sejumlah elite PDI-P. Pertemuan itu menghasilkan kecocokan dan kerja sama politik yang akan segera dikonkretkan.

Harapan dukungan lain untuk PDI-P adalah sinyal dari PKB dan Hanura yang juga semakin menguat. Namun, belum ada informasi jelas mengapa kedua partai itu tak kunjung mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan Joko Widodo.kmp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *