PBNU Doakan Perjuangan Bambang-Said di Pilkada Jatim

PBNU Doakan Perjuangan Bambang-Said di Pilkada Jatim

Bintang Pos, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mendoakan perjuangan Bambang DH-Said Abdullah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur yang dijadwalkan digelar 29 Agustus 2013.
“Kami tak bisa mengintsruksikan warga NU di Jatim untuk memilih calon tertentu. Yang jelas, yang datang ke sini kita doakan,” kata Said Aqil, usai menerima kedatangan Bambang dan Said di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis.

Pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Jatim yang diusung PDIP itu “sowan” ke PBNU di antar Ketua Tim Pemenangan PDIP untuk Pilkada Jatim Pramono Anung, Wakil Sekjen DPP PDIP Achmad Basarah, Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Ali Mudji, dan mantan Ketua DPC PDIP Surabaya Saleh Ismail Mukadar.

Sementara dalam pertemuan itu, Said Aqil didampingi Sekjen PBNU Marsyudi Suhud dan Bendahara Umum PBNU Bina Suhendra.

Said Aqil menghargai niat baik Bambang-Said dan PDIP datang ke PBNU, mengingat Jawa Timur merupakan basis NU. Secara pribadi, kata Said Aqil, ia juga memiliki hubungan yang baik dengan tokoh-tokoh PDIP, termasuk dengan Bambang yang dua kali menjabat Wali Kota Surabaya.

“Kalai nanti menang jangan lupa dengan NU, pesantren, dan fakir miskin,” pesan Said Aqil kepada Bambang-Said.

Sementara itu Bambang DH mengaku datang ke PBNU untuk meminta restu dan doa dari pimpinan organisasi Islam tersebut.

“Saya datang untuk sowan, bagaimanapun di Jatim, Nahdliyin (sebutan bagi warga NU, red) adalah mayoritas,” ucap Bambang.

Menurut Bambang, selain meminta restu, dalam pertemuan tertutup dengan pimpinan PBNU, ia dan Said juga memaparkan programnya jika terpilih sebagai gubernur-wakil gubernur Jatim.

Menjawab pertanyaan wartawan, Bambang menyatakan sepenuhnya siap bertempur dalam Pilkada Jatim dan optimistis mampu tampil sebagai pemenang, meski melawan calon pejabat kini (“incumbent”).

“Banyak calon PDIP di beberapa daerah jadi ‘underdog’ (tidak diunggulkan), tapi ternyata mampu menang mengalahkan ‘incumbent’,” ujar Bambang.

Ketua Tim Pemenangan Bambang-Said, Pramono Anung mengakui jika saat ini elektabilitas pasangan yang diusung PDIP itu masih lebih rendah dari bakal calon lainnya. Namun, PDIP tidak berkecil hati.

“Kami meyakini kalau disurvei lagi sebulan ke depan, peluangnya pasti beda,” tandas mantan Sekjen DPP PDIP itu.

Pramono mengatakan kombinasi Bambang DH yang dianggap mewakili Mataraman atau Jatim bagian barat, dan Said Abdullah yang mewakili Madura dan wilayah “tapal kuda’ (wilayah timur Jatim) akan diterima baik oleh masyarakat.

Dikatakannya, Joko Widodo yang diusung PDIP dalam Pilkada DKI dan Ganjar Pranowo di Pilkada Jawa Tengah, sebelumnya juga dianggap “underdog”, namun tampil sebagai pemenang.

“Bambang DH juga dianggap ‘underdog’ seperti Jokowi dan Ganjar,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, persoalan di internal PDIP Jatim sudah selesai. PDIP Jatim kini semakin solid untuk memenangkan pasangan Bambang-Said dalam Pilkada Jatim 2013.

Untuk strategi pemenangan Bambang-Said, Pramono mengatakan pihaknya tidak akan menyerang calon pejabat kini, namun menawarkan program dan perubahan yang lebih baik bagi Jatim. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *