Pasca Lebaran, Harga Bahan Pokok Mulai Turun

Pasca Lebaran, Harga Bahan Pokok Mulai Turun

Jakarta РSelepas hari raya Idul Fitri, harga bahan pangan mulai beringsut turun. Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia, Ngadiran, Kamis, 31 Juli 2014, mengatakan beberapa bahan pangan seperti daging ayam dan daging sapi pun perlahan-lahan turun.Ia mencontohkan seperti harga daging ayam yang turun Rp2-3 ribu per ekor. Sebelum turun, harganya mencapai Rp35 ribu per ekor ukuran 1,1-1,2 kg dan Rp30 ribu untuk ukuran 0,9 kg.

“Harga baru bergeser pelan-pelan, tapi belum anjlok,” kata Ngadiran.

Ia melanjutkan, harga daging sapi pun turun Rp5-7 ribu per kg. Sebelumnya, harga bahan pangan ini sempat mencapai angka Rp115-120 ribu per kilogram. Harga telur ayam pun turun Rp2 ribu, dari Rp20-21 ribu per kg menjadi Rp18 ribu.

Sementara itu, harga cabai-cabaian pun masih terjangkau. Harga cabai rawit sebesar Rp7-8 ribu per kg dan harga cabai merah keriting Rp9-12 ribu per kg. Harga beras pun relatif stabil.

“Harga beras tidak begitu naik. Kalau yang medium, harganya Rp8.500-9.000 per kg. Kalau yang kualitas bagus itu Rp12 ribu per kg,” kata dia.

Harga tersebut, lanjut Ngadiran, merupakan harga terakhir pada Rabu 30 Juli 2014 dan merupakan hasil pengecekan di pasar induk. Harga tersebut, akunya, tak jauh berbeda dengan harga di pasar pengecer. Ngadiran mengatakan harga ini berlaku di daerah Jabodetabek dan daerah lainnya, seperti Semarang, Magelang, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Biasanya seminggu setelah Lebaran, harga mulai normal,” kata dia. vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *