Pasar Saham Iran Melambung Sambut Presiden Baru

Pasar Saham Iran Melambung Sambut Presiden Baru

Bintang Pos, Teheran – Terpilihnya Hasan Rowhani sebagai Presiden baru di Iran disambut para pendukungnya. Pengganti Ahmadinejad ini pun langsung membuat pasar saham menguat.

Rowhani yang memperoleh suara sebanyak 17.613 juta dari 35.458 juta suara, membuat bursa saham ikut berdampak positif. Setelah memenangkan pemilunya, pasar bursa di Iran kian menanjak.

Dilansir dari Associated Press, Minggu (16/6/2013), Bursa Efek Teheran tercatat melonjak 837 poin pada pertengahan Minggu pagi. Serta mencapai level 47.460 dari penutupannya pada Sabtu di level 46.623. Kenaikan ini meningkat sekira 1,8 persen.

Sementara pada Sabtu, indeks bursa menunjukkan ada peningkatan dua persen. Selain itu mata uang Iran yakni rial juga ikut menguat sebesar sembilan persen terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Dampak positif pada pasar bursa ini terjadi setelah malam perayaan usai pemilu di Teheran, yakni setelah pengumuman atas kemenangan Hasan Rowhani pada pemilu Presiden di Iran.

Rakyat merayakannya dengan membunyikan klakson mobil dan musik dari lagu-lagu patriotik yang keras untuk merayakannya. Televisi setempat pun menayangkan gambar orang-orang yang sedang merayakan kemenangan Hasan Rowhani.

Sementara dalam siaran ulang pidato kemenangannya yang diumumkan Sabtu, Iran akan mempersiapkan untuk meningkatkan hubungan antardunia. (okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *