Panwas Tegur Tim Sukses Peserta Pilkada Jombang

Panwas Tegur Tim Sukses Peserta Pilkada Jombang

Bintang Pos, Jombang – Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menegur tim sukses pasangan calon peserta pilkada yang masih membiarkan gambar baliho atau alat peraga kampanye di hari tenang.
“Ini kan sudah hari tenang, harusnya sudah bersih dari berbagai alat peraga pasangan calon peserta Pilkada 5 Juni 2013,” kata Ketua Panwas Kabupaten Jombang Mahrus di Jombang, Senin.

Ia mengakui di sejumlah lokasi jalan masih terpampang banyak gambar pasangan calon. Tiga calon yang ikut dalam pilkada, semuanya melanggar secara admnistrasi karena mereka belum membersihkan alat peraga kampanye. Padahal, saat ini sudah hari tenang, sebelum pelaksanaan Pilkada 5 Juni 2013.

Ia mengatakan sudah mengirim surat ke tim sukses pasangan calon pada hari terakhir kampanye terbuka 30 Mei 2013, bahkan sudah kembali ditindaklanjuti pada hari tenang yang dimulai pada Minggu (2/6).

Pihaknya segera koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang terkait dengan masalah itu. Jika surat yang ditujukan ke pasangan calon belum ada tindak lanjutnya, akan dilakukan pembersihan dengan paksa.

“Bola ada di KPU, dan nanti akan kami awasi. Kami juga akan koordinasi untuk lakukan eksekusi,” ucapnya.

Mahrus juga mengatakan sudah meminta seluruh anggota panitia pengawas kecamatan untuk ikut terlibat mengawasi pelaksanaan pilkada, terutama yang menyangktu pelanggaran.

Bukan hanya masalah pelanggaran administrasi seperti masih belum dibersihkannya alat peraga kampanye saat hari tenang, juga pelanggaran lainnya seperti politik uang.

“Kami sudah minta anggota untuk intensif melakukan pengawasan. Ada 63 anggota yang disebar di seluruh kecamatan. Kami minta mereka bekerja maksimal sampai nanti pilkada, terutama isu politik uang yang kerap terjadi menjelang pelaksanaan pencoblosan,” ucap Mahrus.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Jombang Machwal mengatakan akan melakukan koordinasi dan segera menurunkan sejumlah alat peraga kampanye yang masih terpampang di sejumlah protokol di Kabupaten Jombang.

“Nanti kami akan koordinasikan untuk pembersihannya,” ucap Machwal.

Kabupaten Jombang akan melaksanakan pilkada yang rencananya digelar pada 5 Juni 2013. Terdapat tiga yang ditetapkan ikut pilkada, di antaranya pasangan Munir Alfanani dan Wiwik Nuriati, kedua pasangan Nyono Suharli Wihandoko dengan Mundjidah Wahab, dan pasangan yang terakhir adalah Widjono Soeparno dengan Sumrambah.

Pilkada itu akan diikuti oleh 998.463 pemilih dan mereka akan memberikan hak suaranya di 2.144 tempat pemungutan suara (TPS). Pilkada itu melibatkan 105 orang petugas pemilihan kecamatan (PPK) serta 918 panitia pemungutan suara (PPS) yang tersebar di 21 kecamatan. (ant)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *