Najwa Wakili Gresik ke Olimpiade Sains Kuark Nasional 2013

Najwa Wakili Gresik ke Olimpiade Sains Kuark Nasional 2013

Bintang Pos, Surabaya – Siswa kelas II SD Iradah Gresik, Aulia Najwa Nur Rahmania, mewakili daerahnya menuju Olimpiade Sains Kuark Nasional 2013. Olimpiade ini akan berlangsung pada 29 hingga 30 Juni 2013 diikuti oleh sekitar 103 peserta dari seluruh tanah air.
Kepala SD Iradah Gresik, M.Sobirin mengatakan, keikutsertaan Najwa pada olimpiade tersebut bukan sekadar tunjukan Dinas Pendidikan atau sekolahnya. Melainkan terpilih karena telah menyisihkan 300 peserta yang lain se-Kabupaten Gresik.

Puteri pasangan Rahmat Dharmawan dan Widyastuti ini juga harus menyelesaikan soal yang dikirimkan oleh tim Sains Kuark tingkat nasional. “Aulia Najwa Nur Rahmania bersama 103 peserta lain se-Indonesia layak mengikuti kejuaraan yang dikemas dalam Olimpiade Sains Kuark level I tingkat nasional di Jakarta,” katanya, Selasa (11/06/2013).

Mengenai Olimpiade Sains Kuark, M Shobirin menjelaskan, sebetulnya kuark ini bukan bidang baru. Program ini bagian dari mata pelajaran sains namun lebih diarahkan pada praktikum.

“Tidak semua sekolah mempunyai program kuark dalam pembelajaran sains. Kami bangga karena anak didik kami yang pertama dikirim ke tingkat olimpiade nasional,” paparnya.

Dalam pratikumnya, Najwa mempraktekkan tentang reaksi kimia yang terjadi antara campuran asam cuka dan soda kue. Ternyata setelah bahan-bahan tersebut dicampur dan ditutup rapat dalam tabung plastik.

Tabung tersebut dapat terlontar jauh ke atas. Tabung yang dibentuk dari prototipe roket tersebut dapat terlontar bak peluncuran sebuah roket.(bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *