Menteri BUMN Berencana Tingkatkan Produksi Gula

Menteri BUMN Berencana Tingkatkan Produksi Gula

Bintang Pos, Surabaya – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku bahwa dirinya tidak mengurusi stok gula pada Pabrik Gula (PG) yang dinaungi oleh Kementerian BUMN. Namun, Dahlan menegaskan dirinya merencanakan untuk meningkatkan produksi gula.

“Untuk gula saya tidak mengurus stok. Saya lebih merencanakan produksi meningkat,” kata Dahlan, seusai Rapat Kerja (Raker) di ruang rapat Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (29/5/2013) Malam.

Menurut Dahlan, setelah melakukan kunjungan di 12 PG, dirinya mengungkapkan ke 12 PG tersebut sudah mampu hingga tahap penggilingan. Namun, Dahlan menyayangkan bahwa proses penggilingan belum dapat dilakukan karena terganjal cuaca (hujan). Hujan tersebut membuat kadar tanaman tebu lebih banyak kandungan mineralnya dibandingkan gulanya.

“Dari 12 gula yang saya datangi semuanya sudah mulai menggiling,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Dahlan Iskan mengecek tiga Pabrik Gula (PG) yang berada di kawasan Madiun, Jawa Timur. PG ini, diklaim akan mendatangkan keuntungan bagi BUMN.

Maka dari itu, mantan Dirut PLN Dahlan Iskan menyakini bahwa di 2013, kondisi Pabrik Gula akan jauh lebih baik dan layak dibanggakan.

Tidak hanya itu, menurut Dahlan, di tangan para pegawai PG tersebut maju dan bangkit serta lahir kembali menjadi PG yang menguntungkan. Adapun modal besar kebangkitan PG, yakni karena pegawainya sama, mesinnya sama tidak mengganti dengan mesin yang baru. (okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *