Menhub Resmikan Pengoperasian KA Krakatau Merak-Madiun

Menhub Resmikan Pengoperasian KA Krakatau Merak-Madiun

Bintang Pos, Jakarta – Menteri Perhubungan EE Mengindaan meresmikan Kereta Api ekonomi AC (KA) Krakatau jurusan Merak-Madiun, di Stasiun Kereta Api Merak, Banten, Rabu (24/7). Pengoperasian kereta tersebut secara permanen untuk melayani penumpang dari Merak hingga Madiun yang sebelumnya hanya untuk mudik lebaran saja.

Menhub berharap KA tersebut dapat mengangkut pemudik dari Pulau Sumatra secara langsung. Penambahan trayek kereta tersebut berguna untuk mengurangi beban angkutan dan kemacetan jalan raya karena sebagian penumpang jarak jauh beralih ke kereta dan tidak menggunakan jalur darat.

Selain itu, pihak KAI akan melakukan pengadaan dan pengoperasian kereta di seluruh wilayah agar kereta menjadi tulang punggung transportasi di Indonesia guna mengurangi beban jalan raya yang semakin padat.

KA Kratau terdiri atas 10 gerbong dengan 768 tempat duduk. Selain itu juga disediakan ruangan khusus lansia dan penyandang cacat.

“Pengoperasian di Merak ini merupakan salah satu pengoperasian kereta di beberapa wilayah nantinya seperti Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Mudah-mudahan tahun ini mulai berjalan,” kata Menhub. (mto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *