Mengunyah permen karet perkuat konsentrasi

Mengunyah permen karet perkuat konsentrasi

Bintang Pos, Surabaya – Mengunyah permen karet ternyata tak sekadar menyegarkan nafas namun juga meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, simpul satu penelitan terbaru seperti dikutip Health.com.

 

Menurut para peneliti Inggris dalam penelitian itu, mengunyah permen karet mampu meningkatkan konsentrasi pada aktivitas-aktivitas yang menuntut daya ingat.

 

Eksperimen dilakukan pada 38 orang yang dibagi dalam dua grup. Satu grup mengunyah permen karet selama 30 menit, dan satu grup lainnya tidak.

 

Kelompok pertama mengunyah permen karet sambil mendengarkan bacaan berulang-ulang pengurutan kombinasi nomor dari satu sampai sembilan, secara acak. Ternyata kelompok ini dengan akurat dan cepat mampu menyebutkan lagi nomor ganjil genap ganjil seperti tujuh-dua-satu.

 

Kesimpulanya, peserta yang mengunyah permen karet bisa bereaksi lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan mereka yang tidak mengunyah permen karet.

 

Hasil penelitian ini dipublikasikan 8 Maret lalu pada British Journal of Psychology.

 

“Yang menarik, peserta yang tak mengunyah permen karet tampil agak lebih baik pada awalnya, namun kalah di akhir,” kata Kate Morgan dari Universitas Cardiff University. “Ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet membantu kita fokus pada aktivitas yang menuntut pantauan terus menerus dalam jangka waktu lama.”  (ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *