Mendikbud tak mau kemiskinan hambat orang jadi dokter

Mendikbud tak mau kemiskinan hambat orang jadi dokter

Bintang Pos, Surabaya – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh, berjanji akan memberikan beasiswa Bidik Misi kepada pendidikan profesi. Anggaran Rp 1,4 triliun dikucurkan agar siswa miskin juga bisa kuliah dan jadi dokter.
Beasiswa pendidikan profesi tersebut akan diberikan untuk tahun depan, setelah mahasiswa penerima Bidik Misi, lulus menjadi Sarjana Kedokteran. Pernyataan tersebut dikemukakanM Nuh, dihadapan 1.800-an mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah.

“Selain pendidikan profesi untuk kedokteran, kami juga akan memberikan beasiswa Bidik Misi profesi untuk mahasiswa kependidikan. Kami terus mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan profesi, sampai selesai,” ujarnya.

Menurut M Nuh, jumlah anggaran yang disediakan untuk beasiswa Bidik Misi tahun 2013, mencapai Rp 1,4 triliun dan diberikan kepada sekitar 91.400-an mahasiswa. Program tersebut merupakan program nasional yang dipayungi oleh Undang-Undang (UU) No 12 tahun 2012, yang mewajibkan alokasi minimal 20 persen untuk penerimaan mahasiswa baru yang berasal dari keluarga miskin.

“Pemberian beasiswa ini dimaksudkan agar anak yang tidak bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan alasan tidak ada biaya, tak terjadi lagi,” pungkasnya.(mdk-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *