Menag Sebut Agama Berpotensi Dipecah dan Diadudomba

Menag Sebut Agama Berpotensi Dipecah dan Diadudomba

BANDUNG – Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan tokoh agama mempunyai peran penting dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di tanah air ini karena pemuka agama dianggap memiliki pengaruh besar terhadap jalannya kehidupan masyarakat.

“Tokoh agama atau pemuka agama itu tugasnya penting karena bisa menjaga kerukunan umat,” kata Suryadharma Ali, usai melepas peserta Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama yang diikuti oleh sekitar 15 ribu perwakilan kelompok agama se-Jabar, di Lapangan Gasibu Bandung, Sabtu.

Ia mengatakan,jelang Pemilihan Umum 2014, peran tokoh agama juga semakin dirasakan penting karena berbagai benturan dan kompetisi politik akan sangat kuat terjadi.

“Dan potensi perpecahan dan adu domba pun menjadi salah satu ancaman,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Suryadharma Ali, kerukunan antar umat beragama harus lebih diperkokoh lagi untuk mengantisipasi berbagai masalah tersebut salah satunya melalui gerak jalan yang diikuti seluruh pemuka agama ini.

“Jadi kompetisinya sangat kuat. Dan untuk menghindari adu domba, tokoh agama mempunyai peran,” katanya.

Pihaknya menuturkan, kerukunan umat beragama sangat penting untuk menopang jalannya pembangunan karena tanpa kerukunan, kata dia, kebersamaan dan persatuan bangsa mustahil akan terwujud.

“Sehingga tidak ada pembangunan tanpa kerukunan. Dan kerukunan tersebut tidak hanya tumbuh dalam kehidupan beragama, melainkan harus juga terjadi pada bidang-bidang lainnya,” ujar dia.

Pada acara Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama dilakukan juga kampanye penggunaan produk-produk halal.

Menag mengatakan, kampanye penggunaan produk hal ini dilakukan untuk memberi pemahaman lebih kepada masyarakat terkait produk-produk yang dikonsumsi sehingga diharapkan sensitivitas konsumen akan lebih tinggi dalam memilih produk-produk yang halal.

“Kampanye juga ajang memberikan informasi kepada konsumen terkait produk halal. Sehingga konsumen bisa mengetahui apakah produk yang dikonsumsinya itu halal atau tidak,” katanya.rep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *