Meluas, Hama Wereng Serang di Jombang

Meluas, Hama Wereng Serang di Jombang

Bintang Pos, Surabaya – Serangan hama wereng di Kabupaten Jombang semakin meluas. Jika sebelumnya serangan itu hanya melanda Kecamatan Perak, kini hama tersebut singgah di enam kecamatan lainnya.

Kecamatan yang terserang wereng meliputi; Perak, Bandar Kedungmulyo, Jombang, Tembelang, Bareng, Ngusikan, serta Mojowarno. Total lahan yang terserang mencapai 80,3 hektar. “Kita sudah melakukan pengendalian dengan melakukan penyemprotan massal,” kata Kepala Dinas Pertanian Jombang, Syamto, Jumat (22/3/2013).

Syamto menjelaskan, total lahan pertanian di Jombang seluas 37.910 hektar. Nah, dari jumlah tersebut hanya 80,3 hektar saja yang terserang hama. “Ini termasuk kategori serangan ringan,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, munculnya hama tersebut bukan tanpa sebab. Hal itu dipicu oleh perubahan iklim akhir-akhir ini. Wereng, lanjut Syamto, bisa berkembang pesat di lahan yang lembab. Semisal, malam tersiram hujan, sedangkan paginya tersengat sinar matahari. Kondisi itulah yang menyuburkan hama wereng. (brj-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *