Megawati Menangis di Tugu Proklamasi

Megawati Menangis di Tugu Proklamasi

Bintang Pos, Surabaya- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menangis disela-sela berikan sambutan dalam acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Mantan Presiden RI ini menangis karena merasa prihatin dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Menurut Megawati, Indonesia telah kehilangan orientasi dan bangsa ini sudah tidak miliki harapan untuk bisa menjadi bangsa yang besar.

Harapan, menurut Megawati, adalah energi induk bagi semua kemajuan dan sebuah ideologi. Untuk itu, Pancasila sebagai dasar negara pun harus diperjuangakan.

“Kita hidup dalam bangsa yang merdeka, anggota dunia yang merdeka, hidup dalam dasar permusyawaratan. Jangan lupa syaratnya adalah perjuangan, sekali lagi perjuangan dan sekali lagi perjuangan,” ucap Mega sambil menangis, Sabtu (1/6/2013).

“Pancasila telah jadi pondasi, di atas Pancasila menjadi rumah bagi anak negeri. Nilai-nilai Pancasila juga jadi bintang penuntun dan bingkai pengatur perilaku bangsa,” kata Mega.

Megawati menilai tidak ada bangsa yang besar yang tidak bertumpu pada ideologi yang mengakar di masyarakat. Ideologi menjadi alasan dan penentu arah sebuah bangsa.

Meski prihatin, namun Ia tetap gembira karena hari peringatan lahirnya Pancasila dirayakan kalangan luas dan bulan Juni telah diterima sebagai bulan Bung Karno.(bjt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *