Massa Buruh kepung Surabaya

Massa Buruh kepung Surabaya

Surabaya  – Sejumlah elemen buruh dari berbagai daerah di Jawa Timur memasuki Kota Surabaya, Kamis 1 Mei 2014. Mereka menuju titik orasi di depan Gedung Negara Grahadi untuk memperinganti Hari Buruh Internasional atau May Day.

Beberapa kelompok buruh terlihat memadati pintu masuk perbatasan Kabupaten Sidoarjo-Kota Surabaya, yakni di Bundaran Waru. Jadwalnya, massa buruh kemudian bergerak menuju titik kumpul Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Sejumlah elemen buruh tersebut di antaranya Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan berbagai elemen buruh lainnya asal Jatim, termasuk ‘Gerakan Rakyat Bersatu’.

Koordinator Relawan Buruh Jawa Timur, Jamaluddin, menyebut elemen buruh menuntut sejumlah hal. “Upah layak, hapus sistem kerja kontrak dan outsourcing, dan adanya jaminan sosial,” kata Jamaluddin, Kamis 1 Mei 2014.

Massa buruh ini datang dengan menggunakan bus, truk, dan sepeda motor.

Sementara, kepadatan mulai terjadi di sejumlah ruas jalan di Surabaya. Kemacetan mulai terjadi di Bundaran Waru di mana   massa buruh datang dari Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto dan sekitarnya. Titik transit massa buruh lainnya terlihat di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Di depan Gedung Negara Grahadi, personel kepolisian telah bersiaga mengamankan jalannya aksi buruh memperingati May Day 2014 ini.vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *