Mahfud MD Puji SBY Soal Primary Election

Mahfud MD Puji SBY Soal Primary Election

Bintang Pos, Surabaya – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memuji sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang berencana menggelar “primary election” untuk mencari calon Presiden 2014 yang akan diusung partai berlambang mercy tersebut.
Saat dihubungi dari Jakarta, Senin di sela-sela melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci, ia mengemukakan rencana Partai Demokrat untuk melaksanakan “primary election” adalah sesuatu yang bermanfaat bagi demokrasi di Tanah Air.

“Seleksi kandidat seperti ‘primary election’ ini sangat baik dari sisi demokrasi, karena melabrak praktik oligarki yang selama ini kita tentang dengan sangat keras,” kata ahli hukum yang baru saja mengakhiri tugasnya sebagai Ketua MK itu.

Lebih lanjut Mahfud menyatajan jika hal itu terjadi, berarti SBY telah membuka blok yang selama ini tertutup, dimana tokoh terbaik pilihan masyarakat tidak akan bisa memiliki kesempatan dalam kontestasi calon presiden karena parpol selalu memiliki calon sendiri dari dalam, sementara publik hanya bisa pasrah dengan pilihan partai.

Menurut Mahfud, cara kontestasi seperti ini idealnya juga dilakukan oleh partai-partai lain, tidak hanya Partai Demokrat. Dengan begitu, katanya, aspirasi rakyat akan semakin terwadahi dan publik bisa memiliki beragam calon yang kualitasnya sudah mereka uji lebih dahulu di tingkat masyarakat sendiri.

Ketika ditanya apakah dengan demikian peluang baginya semakin terbuka untuk maju sebagai calon Presiden, yang kali ini melalui jalur Partai Demokrat, Mahfud enggan berkomentar lebih jauh.

“Udah ya mas, saya mau lanjutkan ibadah dulu, makasih,” katanya mengakhiri pembicaraan. (ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *