Mahasiswa Jalur Mandiri UB Tak Perlu Bayar Kuliah

Mahasiswa Jalur Mandiri UB Tak Perlu Bayar Kuliah

Bintang Pos, Surabaya – Mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) Malang yang masuk melalui jalur mandiri tidak perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diterapkan mulai tahun akademik 2013/2014.
Mahasiswa yang masuk dalam program UKT sendiri harus membayar biaya perkuliahan termasuk Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP) di awal perkuliahan.

Humas UB Malang, Susantinah Rahayu mengatakan, pembayaran UKT hanya diberlakukan bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur undangan, serta seleksi tulis di Seleksi Bersama Mahasiswa PTN (SBMPTN).

“Penentuan teknis pembayaran mahasiswa baru ini merupakan kewenangan masing-masing perguruan tinggi. Kalau di UB tidak diberlakukan untuk mahasiswa baru yang masuk lewat jalur mandiri,” ujar wanita yang kerap disapa Santi, Sabtu (13/7/2013).

Menurutnya, meski tidak tergolong program UKT, namun besaran uang pembayaran perkuliahan bagi mahasiswa yang masuk dalam jalur mandiri tetap sama. “Pembayaran lain seperti SPP per semester dan pembayaran kebutuhan untuk orientasi pendidikan (ordik) akan tetap sama,” tuturnya.

Untuk diketahui, pendaftaran jalur mandiri di Universitas Brawijaya Malang akan ditutup 15 Juli mendatang, dilanjutkan dengan tes uji kompetensi yang digelar pada 18 Juli, dan diumumkan pada 23 Juli 2013 mendatang. (bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *