Libatkan anak, Bawaslu Akan Klarifikasi PKS

Libatkan anak, Bawaslu Akan Klarifikasi PKS

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengklarifikasi kepada Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta, mengenai pelibatan anak-anak dalam kampanye partainya.Disampaikan Ketua Bawaslu, Muhammad, saat ini masih dilakukan pendalaman untuk penanganan dugaan pelanggaran yang dilakukan PKS dalam kampanye akbar yang dilakukan di Gelora Bung Karno (GBK) beberapa waktu lalu.

Selain itu, Bawaslu juga akan mengklarifikasi mengenai pernyataan Anis Matta, yang menilai pelibatan anak-anak dalam kampanye adalah untuk memberikan pendidikan politik sejak dini.

“Sementara kita masih melakukan penangan dugaan pelanggaran. Diduga melanggar UU Kampanye, sub gugatannya adalah pelibatan anak-anak. Sudah menjadi putusan Bawaslu untuk mengklarifikasi ini,” kata Muhammaad, Selasa 18 Maret 2014.

Menurut Muhammad, proses penyelesaian mengenai dugaan pelanggaran ini adalah meminta klarifikasi dari terlapor. Ini dilakukan karena Bawaslu perlu objektif dan mendengar alasan dari terlapor.

“Untuk pernyataan pendidikan politik dini, kita ingin tahu alasannya. Kepentingannya apa dan setelah kita klarifikasi baru kita putuskan sanksinya,” katanya lagi.

Dia menambahkan, tidak ada keinginan apalagi sengaja memperkarakan permasalahan ini. Menurut Muhammad, Bawaslu hanya ingin mengingatkan kepada partai politik untuk tetap sadar menjaga aturan.

“Sanksi bisa saja dihentikan dan tidak bisa kampanye sesuai jadwal. Kita tidak bermakusud apa-apa, tapi ini agar ada kesadaran dari partai politik,” katanya.

Setelah dua hari pelaksanaan kampanye pemilu, Bawaslu sudah menerima sekitar 25 laporan pelanggaran yang terjadi di seluruh Indonesia.

“Setiap jam kami menerima laporan di daerah, ada berapa jenis dugaan pelanggaran dan kami dalami untuk penanganannya. Sampai kemarin sudah ada 25 laporan,” katanya. vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *