Kulit Kacang Siswa Sekolah Cita Hati Kalahkan 23 Negara

Kulit Kacang Siswa Sekolah Cita Hati Kalahkan 23 Negara

Bintang Pos, Surabaya – Prestasi membanggakan dari anak Indonesia di mata dunia kembali diraih. Kali ini kulit kacang mampu membawa siswa Sekolah Cita Hati, Mariska Grace berhasil mengalahkan 23 negara di ajang International Conference of Young Scientist (ICYS).

Ajang yang digelar 17-20 April 2013 di Bali ini, gadis 16 tahun itu menggunakan kulit kacang untuk menghilangkan kandungan tembaga yang ada di dalam air. Karya ini berhasil memukau para juri.

Penelitian siswa kelas 11 Sekolah Cita Hati yang sederhana ini mengantarkan gadis yang bertempat tinggal di Kertajaya Indah menjadi juara 1.

“Juri itu terkesan dengan penelitian yang sederhana. Intinya mereka mencari yang sederhana dan mudah diaplikasikan langsung oleh masyarakat,” kata guru pembimbing Narisi Sihombing kepada wartawan di Sekolah Cita Hati Jalan Kejawan Putih Barat Pakuwon City, Selasa (23/4/2013).

Gadis yang juga gemar memainkan alat musik ini mengalahkan 132 project dari 23 negara. Dia juga mengaku sempat gugup saat mengetahui lawan-lawannya mengirim lebih dari satu project. Padahal dirinya hanya memberikan 1 project saja.

“Saya sempat takut, karena negara-negara lain mengirimkan project lebih dari satu. Dari Polandia dan Belanda mengirimkan 12 sampai 13 project,” tambahnya.

Prestasi yang gemilang dan membuat bangga Indonesia ini rupanya disambut senang oleh Presiden SBY lewat akun twitternya. Dalam akun twiiter Presiden SBY disebutkan:

1. Pagi ini putra-putri Indonesia telah harumkan nama bangsa di perlombaan bergengsi di dunia, yg diikuti 23 negara. *SBY*

2. Melody, Mariska & 6 pelajar lainnya raih medali & awards dlm Internatinal Conference of Young Scientist di Bali. Saya bangga. *SBY*

3. Anak Indonesia, teruslah berprestasi. Harumkan nama bangsa kita di pentas dunia. *SBY* (det-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *