KPU Tetapkan Tujuh Pasangan Calon Pilkada Kediri

KPU Tetapkan Tujuh Pasangan Calon Pilkada Kediri

Bintang Pos, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, menetapkan tujuh pasangan calon yang telah daftar di KPU setempat lolos mengikuti Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri 29 Agustus 2013.

“KPU telah melakukan verifikasi dan klarifikasi pada tujuh pasangan calon. Mereka telah memenuhi syarat pencalonan, administrasi, ijazah, serta partai pengusung,” kata Komisioner KPU Kota Kediri Zaenal Arifin di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan, dari verifikasi ketat yang telah dilakukan oleh KPU, diputuskan bahwa tujuh pasangan itu telah lolos persyaratan. Mereka bisa mengikuti Pilkada Kota Kediri pada 29 Agustus 2013, yang bersamaan dengan Pilkada Provinsi Jatim. Keputusan itu juga sudah diplenokan langsung oleh KPU Kota Kediri.

Zaenal juga mengatakan tidak ada persolan lagi pada dukungan masing-masing pasangan calon, termasuk dukungan dari Partai Bulan Bintang. DPP PBB sempat membekukan kepengurusan di cabang, terkait masalah dukungan.

Ia menyebut, Berdasarkan surat DPP PBB ternyata tetap mendukung Aliansi Lintas Partai (ALP) yang mengusung pasangan Harry Muller-Ali Imron (HAI).

Rapat pleno tersebut dihadiri oleh seluruh komisioner dan sekretaris KPU serta bagian hukum Pemkot Kediri. Rapat berlangsung secara tertutup berjalan selama dua jam di kantor setemat.

Pascarapat tersebut, KPU akan mengirimkan surat resmi ke masing-masing calon lewat tim kampanye. Mereka bisa menyiapkan untuk tahapan selanjutnya dalam Pilkada Kota Kediri.

Sebanyak tujuh pasangan terdaftar di KPU Kota Kediri menikuti pilkada. Dari jumlah itu, dua di antaranya berangkat dari jalur perseorangan, sementara sisanya didukung partai politik.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *