KPU Pamekasan sosialisasi Pilgub Jatim melalui orkes dangdut

KPU Pamekasan sosialisasi Pilgub Jatim melalui orkes dangdut

Bintang Pos, Surabaya –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan mulai melakukan sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013. Agar sosialisasi dapat efektif mengena ke masyarakat, KPU melakukan dengan cara yang unik. Yaitu dengan menggelar orkes dangdut.

“Sosialisasi ini sengaja kami gelar agar masyarakat bisa mengetahui secara langsung bahwa tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim telah dimulai,” kata anggota KPU Pamekasan Agus Kasianto, Sabtu malam (14/04/2013).

Menurut Agus, sosialisasi tahapan pelaksanaan pilgub itu serentak dilakukan di semua kabupaten/kota di Jatim, sedangkan kemasan acara disesuaikan dengan kondisi dan kegemaran masyarakat di masing-masing wilayah.

KPU Pamekasan memilih melakukan sosialisasi tahapan pelaksanaan pilgub dengan musik dangdut karena masyarakat menginginkan adanya hiburan.

“Kendati demikian, kita tetap menyesuaikan dengan kearifan lokal Kabupaten Pamekasan yang mencanangkan program gerakan pembangunan masyarakat Islami (Gerbang Salam),” katanya menjelaskan.

Untuk menarik minat masyarakat serta sebagai upaya untuk mendorong mereka agar mengetahui lebih jauh tentang peran dan tanggung jawab KPU dalam penyelenggaraan pemilu, panitia juga melakukan kuis berhadiah.

Dengan cara tersebut, kata dia, mampu membuat pengunjung mengikuti hingga akhir kegiatan tersebut.

“Sosialisasi pilkada ini merupakan tahap awal dan selanjutkan akan digelar oleh panitia penyelenggara pemilu di masing-masing kecamatan dengan pola beragam,” katanya menjelaskan.

Pilkada Jawa Timur, lanjut dia, akan digelar pada bulan Agustus 2013 sesuai dengan jadwal tahapan yang telah ditetapkan KPU Provinsi Jatim.

Menurut Agus Kasianto, tahapan pelaksanaan pilkada tersebut sebenarnya telah dimulai sejak penyerahan data daftar potensial penduduk pemilih pemilu (DP4) awal bulan ini.

Akan tetapi, pelaksanaan sosialisasi terbuka kepada masyarakat seperti yang digelar Sabtu (13/4) malam di Pamekasan itu baru dimulai. (len-gug)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *