KPU Madiun Terima Pendaftaran Enam Pasangan Calon

KPU Madiun Terima Pendaftaran Enam Pasangan Calon

Pos, Madiun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menerima pendaftaran enam pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat selama waktu pencalonan dari tanggal 13-19 Mei berlangsung. 
“Hingga Minggu (19/5) malam menjelang pukul 24.00 WIB, jumlah pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang mendaftar untuk Pilkada Kota Madiun 2013 di KPU setempat ada enam pasang,” ujar Ketua KPU Kota Madiun Sasongko, Minggu.

Menurut dia, keenam pasangan bakal calon tersebut adalah, pasangan petahana Bambang Irianto-Sugeng Rismianto (Baris) yang diusung oleh Partai Demokrat, PKB dan PAN. Lalu, pasangan perseorangan Muchid-Karni (Murni). Dimana, kedua pasangan tersebut mendaftar ke KPU Kota Madiun pada Sabtu (18/5).

Kemudian, pasangan perseorangan Achmad Zainudin-Kushendrawan (Awan 19), pasangan Sutopo-Tri Nuryani (Topcare) yang diusung Partai Hanura, PDS, dan PDP; pasangan Parji-Inda Raya yang diusung PDI Perjuangan dan belasan partai kecil; serta pasangan Arief Purwanto-Hari Sudji yang diusung oleh Golkar dan PKS.

“Keempat pasangan tersebut melakukan pendaftaran pada hari terakhir pencalonan, Minggu 19 Mei 2013, dengan waktu yang berlainan,” kata Sasongko.

Sasongko menjelaskan, dengan ditutupnya tahapan pencalonan, maka proses Pilkada Kota Madiun 2013 memasuki tahapan verifikasi berkas pendaftaran pasangan bakal calon yang ada. Setelah itu dilanjutkan dengan perbaikan berkas pendaftaran dan penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Proses verifikasi faktual berlangsung mulai tanggal 10-16 Juni mendatang. Selama itu, pihak yang bersangkutan dapat melalukan perbaikan dan memenuhi kekurangan berkas pendafataran yang ada.

“Dalam berkas pendafataran para bakal calon memang ada kekurangan. Namun kekurangan tersebut tidak ada yang mendesak dan bisa dilengkapi pada saat proses verivikasi faktual,” terang Sasongko.

Sementara, profil sejumlah bakal calon yang akan maju pilkada di antaranya adalah, Muchid merupakan pengusaha kontraktor di Madiun, sedangkan pasangannya Karni merupakan pejabat PNS di lingkup Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun.

Kemudian, Achmad Zainudin merupakan pengasuh pondok pesantren di Magetan dan adik kandung dari Menteri BUMN Dahlan Iskan, lalu pasangannya Kus Hendrawan merupakan pejabat PNS di Pemkab Madiun.

Kemudian, bakal calon Sutopo merupakan mantan Kepala PDAM Kota Madiun dan Tri Nuryani adalah putri daerah sekaligus mantan penyanyi era tahun 80-an yang akrab disapa Anie Karera.

Lalu, bakal calon Parji merupakan Ketua Rektor IKIP PGRI Madiun, sedangkan pasangannya Inda Raya merupakan anak dari Kokok Raya mantan Wali Kota Madiun. Dan pasangan terakhir, Arief Purwanto merupakan pengurus DPC Golkar Kota Madiun, sedang pasangannya Hari Sudji merupakan pengurus sekaligus anggota DPRD KOta Madiun dari PKS. (ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *