KPU Jatim Kelelahan Verifikasi Berkas Calon Independen

KPU Jatim Kelelahan Verifikasi Berkas Calon Independen

Bintang Pos, Surabaya – Hingga kini, KPU Provinsi Jawa Timur masih memverifikasi data dukungan untuk calon independen yang akan maju dalam Pilgub Jatim. Sebanyak 50 pekerja dikerahkan untuk menyeleksi persyaratan administrasi.
“Paling tidak nanti malam baru selesai. Saat ini masih kami lakukan penghitungan. Kami harus menyeleksi satu per satu KTP. Ada Sebanyak 1,2 juta KTP yang diserahkan oleh pasangan Calon Eggy Sudjana dan Muhammad Sihat,” kata anggota KPU Jatim, Nadjib Hamid, Jumat (12/4/2013).

Nadjib menjelaskan, jutaan berkas tersebut tidak tertata rapi sehingga petugas harus melihat dan menyusun lagi sesuai dengan wilayah dan domisili pemilik kartu identitas tersebut.

Sebenarnya, bila mengacu pada jadwal tahapan pilgub, proses seleksi dokumentasi seharusnya sudah selesai pada Kamis, 11 April 2013, namun Nadjib menepis adanya keterlambatan.

“Enggak molor karena penyerahan berkas calon independen memang di batas waktu sehingga kami harus merampungkan seleksi,” ujar Nadjib.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah, calon independen harus mengantongi dukungan setidaknya tiga persen dari total jumlah penduduk. Berarti calon independen harus mengantongi minimal 1.118.096 dukungan dari minimal 50 persen jumlah kabupaten/kota di Jatim.

“Kalau tidak lolos seleksi administrasi,  tahapan verifikasi faktual dengan mendistribusikan berkas ke KPU kabupaten/kota hingga PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) tidak dilanjutkan,” ujar Nadjib.

Sebelumnya, pasangan dari jalur independen, Eggy Sudjana dan Muhammad Sihat, menyerahkan surat dukungan ke KPU Jatim. Dalam penyerahan dukungan itu, Eggy diiringi beberapa warga hendak berziarah ke makam Sunan Ampel dan Syaikhona Kholil. (mdk-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *