KPU Jatim gelar rekapilutasi pilgub, 1.213 polisi diterjunkan

KPU Jatim gelar rekapilutasi pilgub, 1.213 polisi diterjunkan

Bintang Pos, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menggelar rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013 hari ini di Hotel Shangri-La Surabaya. Sekitar 1.213 personel polisi disiagakan untuk melakukan pengamanan.

Tak hanya ribuan personel yang disiagakan untuk mengantisipasi adanya kerawanan, sejumlah kendaraan taktis juga disiagakan di lokasi. “Ada 1.213 personel gabungan dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran disiagakan untuk menjaga dan mengamankan rekapitulasi suara Pilgub Jatim,” terang Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Suparti, Jumat (6/9).

Dalam pengamanan nanti, para petugas itu akan disebar, baik di dalam maupun di luar hotel. “Termasuk ratusan personel yang on call di Mako, yang siap setiap saat untuk bisa digerakkan. Peralatan petugas juga lengkap, seperti, water canon, ambulan, K9, tim negosiator serta tim handak maupun Dalmas,” lanjutnya.

Dikonfirmasi terpisah, pihak KPU Jawa Timur yang dikonfirmasi terkait rekapitulasi hasil suara Pilgub Jawa Timur, yang digelar 29 Agustus lalu mengatakan, hingga petang tadi, dari 38 kabupaten dan kota, tercatat sudah 31 kotak suara hasil rekapitulasi yang masuk. “Tinggal sedikit yang belum. Malam ini kita pastikan akan masuk semua,” kata salah satu Komisioner KPU Jawa Timur, Agus Mahfudz Fauzi.

Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Teknis dan Data itu juga mengatakan, sisa kotak suara yang belum masuk ke KPU, dipastikan malam ini juga sudah terkumpul. “Kita sudah mendapat kepastian malam ini semua rekapitulasi di 38 kabupaten dan kota se Jawa Timur selesai. Saat ini kan masih dalam masa tahapan sehingga tidak menyalahi aturan,” ungkapnya.

Dia menginformasikan, hasil rekapitulasi yang belum masuk ada tujuh daerah kabupaten/kota yang belum menyerahkan hasilnya. Tujuh daerah itu adalah, Kabupaten Sampang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jember, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Bondowoso.

“Undangan untuk rekapitulasi besok, sudah kita berikan. Semua pasangan calon dan tim suksesnya juga kita undang. Tapi untuk klarifikasi kehadiran para calon masih belum kita dapatkan. Harapannya semuanya bisa hadir,” tandasnya.(mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *