KPU Alokasikan Rp 70 Miliar untuk IT Pemilu 2014

KPU Alokasikan Rp 70 Miliar untuk IT Pemilu 2014

Bintang Pos, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU)mengalokasikan anggaran Rp 70 miliar untuk mengembangkan aplikasi teknologi informasi. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun empat aplikasi berbasis internet.

“Aplikasi akan dibuat mulai dari KPU pusat hingga kabupaten/kota,” kata Sekretaris Jenderal KPU, Arif Rahman Hakim di Jakarta, Senin 15 April 2013.

Adapun empat aplikasi itu adalah Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), Sistem Informasi Calon (Silon), Sistem Informasi Penghitungan (Situng), dan Sistem Informasi Logistik. Arif berharap pengembangan aplikasi tersebut tuntas tahun ini.

Untuk membangun aplikasi tersebut, KPU bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), serta Lembaga Sandi Negara, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Dalam mengembangkan aplikasi tersebut, KPU mengedepankan soal keamanan. Komisi harus memastikan aplikasi yang dibangun aman dari serangan peretas. “Sekarang kami sedang melihat kapasitas jaringan pusat data KPU,” kata Arif. Dia mengatakan dari anggaran sebesar itu, Rp 40 miliar dialokasikan untuk membangun jaringan.(tem-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *