Khofifah Lolos Pilgub Jatim, KPU Rapat Pleno

Khofifah Lolos Pilgub Jatim, KPU Rapat Pleno

Bintang pos, Jakarta – Anggota Komisi Pemilihan Umum Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan para komisioner lembaganya akan mengadakan rapat pleno untuk menindaklanjuti putusan sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu terkait pengaduan yang diajukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa-Herman Sumawiredja.

Menurut Ferry, KPU harus merespon secepatnya, dan kemungkinan besok, Kamis, 1 Agustus 2013, sudah ada hasilnya. “Malam ini rapat pleno, hasil pleno akan langsung kami tunaikan besok,” kata Ferry di kompleks KPU, Rabu, 31 Juli 2013.

Putusan DKPP salah satunya adalah memasukkan kembali Khofifah-Herman. DKPP memerintahkan KPU harus memastikan KPU Jatim mencabut putusan mereka yang menetapkan pasangan calon pemimpin Jatim, tanpa Khofifah-Herman di dalamnya.

“Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum secara cepat dan tepat, sesuai prinsip etika, untuk memulihkan pasangan Khofifah-Herman,” kata Ketua DKPP Jimly Asshidiqie saat membacakan putusan, di ruang sidang DKPP, Rabu, 31 Juli 2013.

Selain KPU, Badan Pengawas Pemilu juga diperintahkan untuk mengawasi hasil putusan DKPP. Ferry mengaku belum melihat berkas putusan tersebut, namun dia menjanjikan para komisioner KPU akan langsung membaca, membahas, dan menindaklanjuti putusan itu.(tmp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *