Kemlu diminta atasi pemberitaan negatif soal Indonesia

Kemlu diminta atasi pemberitaan negatif soal Indonesia

Bintang Pos, Surabaya – Komisi I DPR RI meminta kepada Kementerian Luar Negeri untuk lebih meningkatkan fungsi komunikasi publik terkait pemberitaan negatif tentang Indonesia di luar negeri.

“Khususnya terhadap bentuk-bentuk fungsi komunikasi disinformasi tentang Indonesia di berbagai media,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Agus Gumiwang Kartasasmita saat membacakan kesimpulan rapat kerja Komisi I DPR RI dengan Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa di Gedung MPT/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Komisi I DPR RI, kata Agus, juga diminta untuk lebih proaktif mempromosikan produk-produk Indonesia di luar negeri.

“Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri untuk turut berperan aktif memfasilitasi pemasaran produk-produk nasional di pasar internasional, serta meningkatkan upaya perlindungan dan pembelaan terhadap produk-produk nasional bilamana terjadi pencekalan sehingga produk-produk nasional dapat lebih kompetitif dalam pasar internasional dalam rangka mendukung pelaksanaan Polugri yang berorientasi pada masalah ekonomi,” kata Agus yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar.

Komisi I DPR RI, juga menerima penjelasan dari Menteri Luar Negeri terkait kinerja Kementerian Luar Negeri tahun 2012 dan proyeksi kinerja 2013.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Komisi I DPR RI menyampaikan apresiasi terhadap kinerja dan realisasi anggaran Kemlu tahun 2012 sebesar 81,30 persen serta mendorong peningkatan kinerja Kemlu tahun 2013,” kata Agus.(ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *