Kementerian ada yang Dimerger dan Dipecah Jadi Dua

Kementerian ada yang Dimerger dan Dipecah Jadi Dua

Jakarta  – Hasto Kristiyanto, Deputi Tim Transisi Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK), memastikan tidak ada kementerian yang dihapus dalam kabinet Jokowi – JK yang baru akan dimulai pada 20 Oktober mendatang. Perampingan kabinet dilakukan dengan cara peleburan sejumlah kementerian. Kepada wartawan, di Rumah Transisi Jokowi – JK, di Jalan Situbondo nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/10/2014), Hasto mencontohkan dengan penggabungan Kementerian Industri dan Perdagangan, yang sudah diusulkan oleh Tim Transisi.

Selain itu Tim Transisi juga memisahkan Kementerian Pendidikan menjadi dua, yakni Kementerian Pendidikan dasar dan Menengah, serta Kementerian Kebudayaan dan Ristek.

“Tetap (keputusan) final dari pak Jokowi,” kata Hasto.

Jokowi – JK sudah mengumumkan bahwa kabinetnya terdiri dari 33 kementerian, yang secara jumlah lebih sedikit satu kementerian dari kabinet Susilo Bambang Yudoyono (SBY) – Boediono. Pada kabinet Jokowi terdapat 4 Menteri Kordinator (Menko). Sayangnya nama-nama kementerian tersebut belum dipublikasikan.

Hasto dalam kesempatan tersebut mengatakan Tim Transisi mengusulkan agar dalam kabinet Jokowi – JK terdapat 3 Menko, namun setelah menerima masukan dari berbagai pihak, Jokowi – JK menetapkan untuk membentuk 4 Menko.trb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *