Kampanye Pilpres Dimulai 4 Juni

Kampanye Pilpres Dimulai 4 Juni

Jakarta  – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan masa kampanye calon presiden dan calon wakil presiden 2014 akan dimulai 4 Juni hingga 5 Juli 2014.“Kampanye akan dilaksanakan satu bulan plus satu hari,” kata Husni di Gedung KPU, Jakarta, Sabtu, 24 Mei 2014.

Sebelum masa kampanye, menurut Husni, KPU akan mengundi nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden pada 1 Juni 2014. Pengundian itu digelar dalam rapat pleno terbuka.

“Sebelum pengundian KPU akan mengadakan rapat pleno tertutup terkait penetapan pasangan capres dan wapres pada Pemilu 2014,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bisa diganti jika tidak memenuhi persyaratan yang diajukan oleh KPU.

Sebelumnya diberitakan, KPU menyatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla, lolos pemeriksaan kesehatan.

Meski demikian, kedua pasangan capres – cawapres masih harus melengkapi berkas-berkas yang masih kurang. Calon wakil presiden Jusuf Kalla merupakan kandidat yang paling banyak belum melengkapi berkas persyaratan calon wakil presiden.

Delapan dokumen yang kurang antara lain tanda bukti penyerahan Laporan Harta Kekayaan Penyelengga Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi, SKCK dari Mabes Polri, KTP legalisir, akte kelahiran legalisir, ijazah legalisir, NPWP, tanda bukti tidak punya tanggungan pajak, dan pasfoto.

KPU memberikan waktu untuk melengkapi hingga 27 Mei 2014 pukul 16.00 WIB..vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *