Kado Manis Ultah Persebaya ke-86

Kado Manis Ultah Persebaya ke-86

Bintang Pos, Surabaya – Hari ulang tahun Persebaya ke-86 mendapat kado manis. Kado itu berupa kemenangan tipis atas Perseman Manokwari dengan skor 2-1, Minggu (16/6/2013) sore di Stadion Gelora Bung Tomo.

Gol-gol Persebaya dicetak Fernando Soler di menit kedua dan Mario Karlovic menit ke-81. Sedangkan dari kubu Perseman, gol dicetak Cornelis Kaimu menit ke-84.

Babak pertama belum genap dua menit, Persebaya membuka angka lewat Goran Gancev. Berawal dari handball yang dilakukan Tomy Oropa, wasit memberikan hasiah free kick untuk Persebaya. Eksekusi Tendangan bebas Mario Karlovic diteruskan oleh tandukan Goran Gancev dan diselesaikan lewat sontekan Fernando Soler. Bajul Ijo unggul 1-0.

Perseman membalas lewat sontekan Cornelis Kaimu memanfaatkan kemelut di depan gawang Persebaya. Beruntung bola masih menyamping di sisi kanan gawang Persebaya yang dijaga Dimas Galih. Lepas gol Soler, semangat pemain Persebaya kian terdongkrak. Sentuhan satu dua ala tiki taka membuat pertahanan Perseman kocar-kacir.

Peluang emas kembali hadir di menit ke-19 lewat Rendi Irwan. Mendapat umpan pendek dari Mat Halil, Rendi tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang ia kurang tenang sehingga bola sepakannya dapat diamankan kiper Perseman, Caitanus Ohoilulin. Penyelamatan kembali dilakukan kiper muda Dimas Galih di menit ke-25. Dimas harus keluar dari sarangnya untuk menepis tandukan Kaimu.

Meski tak diperkuat tiga pemain intinya, T.A Musafri, Michael Ndubuisi dan Stanislav Zhekov, Perseman cukup memberikan tekanan pada tuan rumah. Lini belakang bermain disiplin dan menyulitkan pergerakan Andik Vermansyah serta Fernando Soler. Pada menit ke-37, Mario Karlovic melepaskan tendangan terarah dari jarak jauh. Sayang bola masih membentur mistar gawang.

Tembakan dari luar kotak penalti dilepaskan Mat Halil di menit ke-42. Sayang bola masih melebar. Masuk masa injury time, sodoran Taufiq coba dikejar oleh Soler. Sayang bola lebih dekat ke kiper Perseman. Skor 1-0 bertahan hingga jeda pertandingan.

Soler menjadi momok bagi Perseman di awal babak kedua. Dua peluang tercipta dari kaki Soler di menit ke-47 dan 49. Sayang tak berujung gol. Di menit ke-51, gilirann Rendi Irwan yang mendapat kesempatan. Namun tenddangan lambungnya masih terlalu tinggi. Sayang justru Perseman mampu mencuri gol penyama di menit ke-54.

Memanfaatkan crossing datar Marcio Souza, Cornelis Kaimu yang datang dari lini kedua, langsung menanduk bola tanpa bisa diantisipasi kiper Dimas Galih. Skor menjadi imbang 1-1. Perseman kembali mengancam gawang Persebaya di menit ke-65. Kali ini tendangan bebas Marcio masih mampu ditepis kiper Dimas.

Memanfaatkan bola muntah hasil kemelut di depan gawang Perseman, Halil melepaskan tendangan voli dari luar kotak. Sayang sepakannya masih menyaping di sisi kanan gawang. Setelah Perseman berhasil menyamakan kedudukan, kualitas permainan Persebaya justru menurun. Berulang kali mereka melakukan salah umpan dan kehilangan konsentrasi.

Percobaan dari luar kotak penalti dilakukan Andik Vermansyah di menit ke-78. Namun bola masih dapat ditepis kiper. Selang dua menit, Andik kembali mengancam lewat tendangan bebas. Tapi sekali lagi, kiper Perseman Caitanus Ohoilulin masih dapat mengantisipasinya.

Gol kedua Persebaya akhirnya lahir di menit ke-81. Berawal dari umpan silang Feri Ariawan, Mario Karlovic yang berdiri bebas dengan mudah mencocorkan bola ke gawang yang sudah melompong. Menjelang pertandingan usai, kedua tim masih jual beli serangan. Baru di masa injury time, Persebaya mengendurkan serangan. Skor 2-1 akhirnya menutup laga hari ini. (bjt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *