Kader PKB Wajib Tonton Film ‘Sang Kiai’

Kader PKB Wajib Tonton Film ‘Sang Kiai’

Bintang Pos, Surabaya – Menyambut premier film Hadratussyaikh ‘Sang Kiai’ pada 30 Mei 2013 yang akan datang, DPW PKB Jatim mengadakan nonton bareng film tersebut, dengan mengajak para pimpinan media di Surabaya dan sedikitnya 2 orang siswa dari perwakilan SMU/MA yang ada di Surabaya.


Bagi PKB, diajaknya siswa SMU untuk nobar Sang Kiai dengan tujuan untuk menanamkan keteladanan tokoh-tokoh pendiri NU terhadap sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang tidak terlepas dari peran para ulama NU. Selain itu, acara nonton bareng film pendiri NU ini sekaligus untuk meramaikan Muswil PWNU Jatim yang sedianya digelar pada 31 Mei 2013 di Ponpes Bumi Sholawat Tulangan-Sidoarjo.

“DPW PKB minta semua warga NU, terutama DPC PKB sampai PAC PKB juga nonton film Mbah Hasyim Asyari karena film ini menceritakan tentang Resolusi Jihad dan perjuangan Mbah Hasyim Asyari dalam menggerakkan santri dan umat Islam merebut kemerdekaan RI,” kata Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) kepada wartawan, Selasa (30/4/2013).

Dalam film setting dunia pesantren ini bisa disaksikan pengorbanan para kiai dan santri untuk bangsa Indonesia. Inilah persembahan kiai NU dan para santri untuk Indonesia. Fatwa Mbah Hasyim yang diminta Bung Karno tentang bagaimana hukumnya membela negara disampaikan secara gamblang oleh Mbah Hasyim. Fatwa kewajiban membela tanah air itu kemudian digelorakan Bung Tomo lewat radio di Surabaya.

Film ini hasil karya sekaligus disutradarai Rako Prijanto dengan dibintangi pemain papan atas Ikranegara dan Cristine Hakim dengan produser Gope T Samtani.(brj-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *