JokoWi muncul di Soal Ujian Nasional

JokoWi muncul di Soal Ujian Nasional

Jakarta– Hari pertama Ujian Nasional (UN) SMA, SMK, SMA Luar Biasa dan Madrasah Aliyah (MA) diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Biologi untuk IPA dan Geografi untuk IPS.Tetapi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, terselip pertanyaan berkaitan dengan partai politik dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pertanyaan tersebut ada dalam soal ujian di Jawa Tengah.Menanggapi hal itu, Jokowi, sapaan Joko Widodo, menyayangkan adanya soal yang menyangkut tentang dirinya. Dia lebih setuju, soal-soal dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut lebih mengarah pada pahlawan nasional. Karena menurutnya dengan hal itu anak-anak sekolah bisa lebih tahu tentang sejarah.

“Tapi mestinya pertanyaan itu kalau masalah tokoh. Sebenarnya lebih bagus yang berkaitan dengan pahlawan nasional. Ya kan, apa dari Aceh, Maluku, dari daerah yang lain. Saya kira lebih relevan. Sehingga jejak sejarah lebih tertanggap oleh anak-anak kita,” ujarnya.

Kemudian Jokowi mengaku, ada pembahasan tentang dirinya di soal ujian nasional itu, baru tahu dari wartawan, Jokowi pun mengklaim, hal itu bukan merupakan bagian dari kampanye jelang pemilihan presiden meski usia SMA itu merupakan usia pemilih pemula.

“Tidak tahu saya. Tidak tahu ada soal itu, tanya yang buat. Siapa yang buat soal itu, ya tanya langsung kepada yang buat,” kata Jokowi di Pasar Blok G Tanah Abang, Senin, 14 April 2014.

Dalam soal mata pelajaran di Jawa Tengah terdapat teks kutipan biografi Jokowi dalam naskah soal UN SMA. Teks ini menjadi bahan untuk dua pertanyaan. Berikut kutipan teks biografi di soal ujian Bahasa Indonesia itu:

“Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibu kota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.”

“Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang Upah Minimum Provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp2,2 juta”

Dua pertanyaan yang harus dijawab peserta UN, adalah, pada nomor 15, tertulis “Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah” dan “Masalah yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraph tersebut adalah.”vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *