JK dinilai pas dengan Jokowi

JK dinilai pas dengan Jokowi

Bandung – Jusuf Kalla memiliki elektabilitas tinggi yang tidak kalah dari Capres Joko Widodo sehingga menjadi alasan kuat PDIP meminangnya, kata pakar politik Universitas Parahyangan Prof Dr Asep Warlan di Bandung, Senin.“Setidaknya PDIP memiliki tiga alasan kuat pada akhirnya lebih memilih JK sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi,” kata Asep usai sebuah diskusi  di Kampus Universitas Padjadjaran, Bandung.

Ketigany adalah JK merupakan orang partai yang memiliki dukungan kuat serta populer di wilayah timur sehingga akan mudah diterima pemilih. Selain itu elektabilitasnya tidak kalah dari Jokowi.

“JK tidak kalah jauh dari Jokowi dari segi elektabilitas,” katanya.

Asep menjelaskan selain tiga faktor utama itu ada satu kelebihan lain yang dimiliki JK yaitu banyaknya relasi yang dimilikinya di kalangan pengusaha sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun Asep menilai JK bisa menimbulkan risiko pada pemerintahan. Ketua PMI ini adalah pendamping yang berpengalaman, gesit dan ekspresif dalam pemerintahan sehingga dikhawatirkan menimbulkan dualisme kepemimpinan.

“Ini merupakan hal yang perlu dikhawatirkan bila nantinya Jokowi dari segi performa akan kalah dari JK yang lebih berpengalaman,” kata Asep.atr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *