Israel Kembali Bangun 930 Rumah Yahudi di Tepi Barat

Israel Kembali Bangun 930 Rumah Yahudi di Tepi Barat

Bintang Pos, Tepi Barat – Kementerian Dalam Negeri Israel kembali mengumumkan eksekusi pembangunan 930 unit pemukiman Yahudi di wilayah Har Homa Tepi Barat.

Wilayah yang masih termasuk diluar Garis Hijau tersebut terletak tak jauh dari Al-Quds sebelah timur. “Kami terus melanjutkan pembangunan seperti yang sedang dilakukan.

Walau ada Krisis real estate yang cukup serius, tapi kami tidak akan menghentikan proyek ini,” tegas Menteri Dalam Negeri Israel, Eli Yishai seperti dilaporkan Kantor Berita AlRay, Senin (1/7).

Rencananya, pembangunan perumahan Yahudi itu akan digarap dalam rentang waktu dua tahun. Staf Kemendagri Israel juga tengah mempromosikan rencana pembangunan tersebut. Pembangunan meliputi unit perumahan kecil dalam upaya untuk memungkinkan semua warga Israel untuk membeli sebuah apartemen.

Beberapa pengamat internasional mengatakan, rencana pembangunan perumahan yang digagas Kemendagri Israel tersebut pasti membawa dampak serius bagi upaya damai Israel-Palestina. Dengan munculnya ide dari Kementerian Konstruksi Perumahan Israel tersebut, masalah baru di Tepi Barat bisa saja muncul.

Saat ini, AS tengah berupaya mengusahakan perundingan damai antara Israel dan Palestina. Menteri Luar Negri AS John Kerry mengatakan, upaya damai Israel-Palestina harus terwujud selambat-lambatnya sebelum perundingan resolusi Majlis PBB September mendatang.

Ia telah melobi kedua belah pihak untuk segera bernegosiasi. Namun dengan adanya proyek perumahan Yahudi tersebut, upaya yang dicetuskan Kerry dinilai bisa saja terancam batal.(rpb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *