Ini Permintaan Budayawan Kepada Mahfud

Ini Permintaan Budayawan Kepada Mahfud

Bintang Pos, Surabaya – Budayawan, Sujiwo Tejo menaruh harapan besar kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD jika terpilih menjadi Presiden 2014-2019.
Menurutnya, Mahfud harus terus menghidupkan seni budaya asli Indonesia, seperti Lodrok, Jatilan dan kesenian asli daerah lainnya.

“Kalau jadi presiden tetap diuri-uri kesenian tradisional,” kata Sujewo dalam Lounchin & Bedah Buku ‘Mahfud MD Hakim Mbeling’ di Hotel Saphier Yogyakarta, Sabtu.

Dikatakannya, kesenian klasik tersebut perlu dilestarikan untuk menumbuhkan budaya bangsa yang selama ini terkikir oleh kemajuan teknologi. Dia melihat, perhatian pemerintah terhadap kesenian tradisional sangat kurang. Sehingga, budaya yang saat ini berada di masyarakat mengadopsi dari luar negeri.

“Negeri ini sedang krisis kepemimpinan. Ada dua hal yang tidak pas dari SBY, pertama melakukan kebaikan dikira pencintraan, kedua perpendapat dikira curhat,” sentil Sujiwo.

Sujiwo menuturkan seorang pemimpin harus tangguh, berani, dan adil. Dia melihat sosok Mahfud merupakan orang cerdas dan berani melawan arus. “Pak Mahfud ini arahnya ke Istana. Itu dilihat dari Geografis letak kantornya yang semakin dekat dengan Istana,” canda Sujewo Tejo.

Sementara, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rahmad Wahab yang turut berharap agar Mahfud bisa meningkatkan dunia pendidikan baik dari segi kualitas dan kuantitasnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Mahfud mengaku belum akan mendeklarasikan dirinya sebagai Capres 2014.

“Saya akan maju menjadi capres atau tidak nanti secara resmi akan saya umumkan setelah menjalankan ibadah umroh, tunggu saja nanti,” ujarnya. (okz-gug)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *