Ini Dilakukan Pakde-Gus Ipul Jelang Coblosan!

Ini Dilakukan Pakde-Gus Ipul Jelang Coblosan!

Bintang Pos, Surabaya – Apa yang dilakukan pasangan cagub dan cawagub incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menjelang coblosan Kamis (29/8/2013) besok?

Calon Gubernur petahana tersebut dijadwalkan akan menyalurkan hak pilihnya di TPS 26 kawasan Kertajaya Indah, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo Surabaya. TPS itu dekat dari kediamannya.

Rencananya, dia akan berangkat dari rumah dengan istri beserta anak-anaknya. Sedangkan, cawagub Gus Ipul akan standby di rumah dinas gubernur, Jalan Imam Bonjol Surabaya. Usai coblosan, Pakde juga akan menyusul ke Jalan Imam Bonjol untuk memantau quick count dari beberapa lembaga survei.

Pakde Karwo akan sungkem dan meminta doa restu ke mertuanya sebelum melakukan coblosan. “Saya dan keluarga mau ke orang tua istri dan meminta doa restu sebelum ke tempat pemungutan suara (TPS) besok pagi,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (28/8/2013).

Pakde mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang pencoblosan selain berdoa dan meminta restu dari keluarga besarnya dan orang tua.

Sedangkan, beberapa hari menjelang hari-H pencoblosan atau memanfaatkan masa tenang, Pakde tersebut melakukan ziarah ke makam pendiri Nadhlatul Ulama di Tebu Ireng Jombang, Selasa (27/8/2013). Dan pada hari ini, Pakde dan Gus Ipul melakukan silaturahim ke kantor PBNU, Jalan Kramat Raya Jakarta dan kediaman Gus Dur menemui Ny Sinta Nuriyah Wahid, Jalan Ciganjur Jakarta.

“Secara umum kami berharap Pilkada berjalan tertib, aman dan nyaman. Tapi kami yakin masyarakat sudah dewasa dalam menyikapi dan menggunakan hak pilihnya sesuai keyakinan dan hati nurani,” tuturnya.

Gus Ipul juga mengaku tidak memiliki ritual khusus, selain berdoa di sela Shalat Tahajud nanti malam bersama keluarga di kediamannya. “Berdoa merupakan salah satu usaha yang paling mujarab. Tanpa ridho Allah SWT, tidak mungkin semua akan terlaksana dengan baik,” kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I tersebut.

Pilgub Jatim digelar Kamis besok. Empat pasangan calon menjadi kandidat, masing-masing Soekarwo-Saifullah Yusuf di nomor urut 1. Kemudian, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat nomor urut 2. Sedangkan, di nomor urut 3 ada Bambang DH-Said Abdullah, serta Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja di nomor urut 4.

KPU Jatim juga telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilgun kali ini, yakni mencapai 30.034.249 pemilih. Mereka akan menggunakan haknya di
71.036 TPS yang tersebar se-Jatim. (bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *