Ilmuwan Jerman Temukan Planet yang Bisa Ditempati Makhluk Hidup

Ilmuwan Jerman Temukan Planet yang Bisa Ditempati Makhluk Hidup

Bintang Pos, Jerman – Sekelompok ilmuwan di Jerman mengklaim mereka menemukan tiga planet super besar di dekat tata surya kita yang memiliki kondisi memungkinkan bagi makhluk hidup.

Dr Guillem Anglada-Escuda, dari University of Gottingen mengatakan Ketiga planet tersebut berada di daerah “yang bisa ditempati” di bintang Gliese 667C.

Dia mengatakan planet-planet tersebut jauh lebih besar dari bumi dan memiliki temperatur hangat dan air -syarat penting bagi terciptanya sebuah kehidupan.

Dia mengatakan planet-planet tersebut kemungkinan memiliki laut dan danau seperti bumi.

Temuan ini diumumkan oleh Southern Observatory, dan akan dicetak di jurnal Astronomy & Astrophysics.

Sebelumnya, Katalog Planet Luar Tata Surya atau The Habitable Exoplanets Catalog (HEC) mengatakan ada sekitar 80 planet di luar tata surya (exoplanet) dengan ukuran yang mirip bumi tapi hanya sedikit dari planet itu yang memiliki jarak yang tepat dari bintang di tata surya mereka. Jarak tersebut dibutuhkan untuk mendukung adanya air di permukaan yang dibutuhkan untuk menopang adanya kehidupan.

Katalog yang disusun menggunakan indikator seperti Indeks Kesamaan dengan Bumi (ESI), Zona Jarak Memungkinkan untuk Didiami (HZD), sistem klasifikasi, Habitat Primer Global (GPH) serta perbandingan dengan bumi di masa lalu dan saat ini.

Saat ini tujuh planet yang berpotensi bisa dihuni sudah masuk dalam daftar HEC. Sementara itu sekitar 27 planet kandidat dari tim NASA Kepler tengah menunggu konfirmasi.

Semua planet tersebut adalah superterran alias bumi dalam ukuran yang lebih besar. Kendati lebih besar planet-planet itu diyakini berpotensi untuk didiami. Hingga saat ini para peneliti belum menemukan planet yang memiliki lingkungan seperti layaknya bumi.(bso)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *