Hobi Unik Bupati Situbondo, Pelihara 1.200 Ekor Merpati

Hobi Unik Bupati Situbondo, Pelihara 1.200 Ekor Merpati

Bintang Pos, Situbondo – Merpati tak pernah ingkar janji. Barangkali ungkapan itulah yang membuat Bupati Situbondo, Jawa Timur, Dadang Wigiarto begitu kesengsem dengan hewan tersebut. Saking cintanya, dia sampai memelihara 1.200 merpati di pelataran belakang pendopo kabupaten.

Dari pengakuan Zaenuri, yang dipercaya merawat burung-burung tersebut, majikannya memang sangat gemar dengan merpati. Biasanya ketika suntuk akibat kesibukannya bekerja, sang bupati kerap datang dan memberi makan ribuan ekor merpatinya.

Terkadang sebelum dikasih makan, merpati-merpati itupun mendekati sang majikan, seolah memberi salam menyambut kedatangannya. “Ada 600 pasang merpati yang saya rawat pak,” ujar Zaenuri.

Merpati-merpati dengan aneka warna ini dibiarkan berkeliaran bebas di belakang pendopo Kabupaten Situbondo. Burung-burung tersebut tampak bercengkrama di taman bunga halaman belakang pendopo.

Zaenuri mengaku untuk memelihara ribuan merpati tidak gampang. Tiap hari dia harus memberi makan dan membersihkan kandang agar merpati tetap sehat dan berkembangbiak. (okz-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *