Golkar Jegal Nusron dan Agus Gumiwang

Golkar Jegal Nusron dan Agus Gumiwang

Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Tantowi Yahya, mengatakan partainya telah melayangkan surat ke Komisi Pemilihan Umum perihal pemecatan Nusron Wahid dan Agus Gumiwang. Menurut dia, jika KPU menyetujui surat itu, dua kader Golkar itu tak akan menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019.

“Kalau KPU menyetujui, maka kedua anggota DPR terpilih itu tak dilantik pada 1 Oktober nanti,” kata Tantowi di kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 19 Agustus 2014.

Tantowi mengatakan pemecatan tersebut dilakukan lantaran Agus dan Nusron dinilai melanggar aturan. Mereka sudah diberi peringatan berulang. Setelah melalui rapat atau sidang yang mengacu kepada aturan partai, kata Tantowi, barulah pemberhentian itu dilakukan.

“Pemecatan itu opsi paling pahit yang diambil paling akhir,” ujarnya. Jika keduanya tak terima, kata dia, Golkar memiliki mahkamah partai untuk mengadu.

Golkar sebelumnya memecat sejumlah kadernya yang mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Mereka adalah Nusron Wahid, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Poempida Hidayatulloh. Langkah itu dianggap membelot dan tak sesuai dengan keputusan partai yang menyatakan mengusung Prabowo-Hatta.

 

Dalam pemilihan legislatif lalu, Nusron dan Agus kembali terpilih sebagai anggota DPR. Nusron bahkan tercatat menjadi calon Golkar dengan jumlah suara pemilih terbanyak.tmp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *