Gita Wirjawan: Harga Minyak Goreng dan Gula Stabil

Gita Wirjawan: Harga Minyak Goreng dan Gula Stabil

Bintang Pos, Surabaya – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memastikan harga komoditi pangan olahan relatif stabil. Harga pangan olahan seperti minyak goreng, gula tak mengalami gejolak harga.

Hal demikian disampaikan oleh Gita usai melakukan rapat tertutup bersama Menteri Perindustrian MS Hidayat dengan para pelaku usaha industri pangan di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jumat (12/7/2013).

“Pangan-pangan yang sudah diolah itu harganya stabil. Seperti minyak goreng, gula itu stabil,” kata Gita.

Sementara untuk produk-produk yang belum diolah masih mengalami lonjakan harga. Namun Gita memastikan, dalam waktu dekat, harga-harga pangan belum diolah seperti daging ayam, daging sapi, bawang merah akan mengalami tren penurunan.

“Sedangkan produk-produk yang belum diolah termasuk bawang merah, daging ayam, daging sapi, ini yang mungkin masih kurang stabil dan perlu distabilisasi dan akan distabilisasi dalam waktu dekat. Tapi, yang lainnya termasuk yang sudah diolah, ini sangat stabil,” paparnya.

Dalam rapat itu, dibahas bahwa beberapa komoditi industri olahan. Secara nasional, perkembangan harga kelompok pangan hasil industri dua minggu pasca kenaikan harga BBM dibanding dua minggu pra kenaikan harga BBM relatif stabil karena besarnya kenaikan masih dikisaran 0-2 persen.

Misalnya komoditi gula naik 0,42 persen menjadi Rp 12.424, tepung terigu naik 1,27% menjadi Rp 8.018, minyak goreng kemasan naik 1,47% menjadi Rp 13.743, beras naik 1,69% menjadi Rp 8.389 per Kg. (dtk)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *