Gerindra Jember Antisipasi Caleg Sakit Jiwa

Gerindra Jember Antisipasi Caleg Sakit Jiwa

Bintang Pos, Surabaya – Partai Gerindra Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan menggelar psikotes atau tes kejiwaan untuk 120 bakal calon legislator pada Sabtu (30/3/2013) dan Minggu (31/3/2013) ini.
“Psikotes ini landasan dasar bagi Dewan Pimpinan Cabang dan Dewan Pimpinan Daerah Jatim untuk menyeleksi calon legislator,” kata Ketua Badan Seleksi Bacaleg DPC Gerindra Jember, Ahmad Halim.

Badan Seleksi tidak berhak mencoret bacaleg berdasar hasil psikotes. “Karena tes ini hanya untuk menilai apakah calon mengalami gangguan jiwa, memiliki IQ lebih, atau mengetahui minat dan kemampuan di suatu bidang tertentu yang berguna saat nanti terpilih sebagai anggota DPR,” kata Halim.

Setelah menggelar tes kejiwaan, Gerindra akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan. Uji ini dilakukan karena jumlah bacaleg yang berminat melebihi kuota 100 orang dalam Daftar Calon Sementara yang ditentukan aturan Komisi Pemilihan Umum.

Uji kelayakan dan kepatutan ini menjadi wilayah DPC dan DPD Gerindra Jatim. “Kita akan lihat kelayakan, kapabilitas, basis massa, dan kemampuan akademis masing-masing calon,” kata Halim. (brj-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *