Genjot Potensi UMKM Lewat Pameran

Genjot Potensi UMKM Lewat Pameran

Bintang Pos, Surabaya – Berbagai upaya dilakukan untuk menggenjot pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Diantaranya adalah melalui ajang Bank dan UMKM Expo 2013.

Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Timur Mohamad Ishak mengatakan, dari sisi layanan perbankan, pameran ini akan menjadi semacam one stop banking services.

Masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang produk perbankan dan bertransaksi secara langsung dengan perbankan yang mengikuti pameran, baik untuk mendapatkan kredit produktif, kredit konsumtif (KPR, KPA, dan sebagainya), serta jasa layanan bank lainnya.

“Ajang ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengetahui secara lebih detil tentang layanan perbankan serta manfaat-manfaatnya,” katanya, Sabtu (18/5/2013).

Agenda rutin dua tahunan ini dapat meningkatkan akseptabilitas sumber-sumber pembiayaan. Sebab, lewat ajang ini pula, bank juga bisa memperkuat kemitraan dengan UMKM yang menjadi debitur, baik dalam skema binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN maupun kredit program pemerintah (Kredit Usaha Rakyat, Kredit Ketahanan Pangan dan Energi, dan sejenisnya).

Ketua Pelaksana, Bank dan UMKM Expo Dasuki Amsir menambahkan, melalui ajang ini, masyarakat/pengunjung bisa mendapatkan informasi terkait aktivitas Business Development Services Provider (BDS-P)/Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB). BDS-P/KKMB tersebut bisa memberikan konsultasi dan pendampingan pengembangan usaha.

“BDS-P/KKMB adalah lembaga yang memberikan jasa konsultasi dan pendampingan untuk mengembangkan UMKM, di mana minimal satu orang tenaga ahlinya telah mengikuti perlatihan dasar manajemen keuangan dan penyusunan proposal permohonan kredit,” jelasnya.

Pameran ini bakal digelar mulai 22-26 Mei 2013 di Grand City, Surabaya, ini mengambil tema Dengan Semangat Kewirausahaan dan Kreativitas Kita Kembangkan UMKM Jatim agar Berdaya Saing. Tagline ajang ini adalah ”Jatim Kreatif”, dimaksudkan sebagai upaya mendorong tumbuh-kembangnya industri kreatif yang ada di Jawa Timur.(oke-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *