Gelombang Tinggi, Harga Ikan di Tuban Melambung

Gelombang Tinggi, Harga Ikan di Tuban Melambung


Bintang Pos, Surabaya
– Akibat gelombang tinggi yang terjadi di laut utara Kabupaten Tuban mengakibatkan harga ikan di wilayah Tuban mengalami kenaikan.


Pasalnya pasokan ikan sangat kurang dari selama satu minggu terakhir lantaran tak ada nelayan yang berani melaut, Senin (29/07/2013).

Dari hasil pantuan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di Keluarahan Karangsari, Kecamatan Kota Tuban, hampir semua harga ikan berbagai jenis mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan. Kenian tersebut mulai dari Rp 5.000 hingga ada yang mengalami keniakan sampai Rp 20.000 per kilogramnya.

Seperti halnya harga Cumi-cumi, jika sebelum cuaca buruk dan gelombang tinggi harganya baru mencapai Rp 30.000 per kilogramnya, saat ini karena barangnya yang langka naik Rp 20.000 menjadi Rp 50.000 per kilonya. Harga ikan Patin dari yang sebelumnya Rp 20.000 kini naik menjadi Rp 25.000 setiap kilonya.

“Hampir semua harga ikan segar mengalami kenaikan mas, karena pasokannya kurang. sedangkan permintaan di bulan puasa ini juga meningkat,” terang Suprapti (43), salah satu penjual ikan yang berada di TPI Kelurahan Karangsari, Kota Tuban.

Harga ikan segar lainnya yang juga mengalami kenaikan adalah ikan Kakap sebeumnya Rp 30.000 per kilogram saat ini menjadi Rp 35.000, sedangkan untuk ikan tongkol yang sebelumnya Rp 17.000 kini menjadi 25.000 per kilogramnya.

Supratpi menjelaskan, bahwa kurangnya pasokan ikan di TPI tersebut lantaran banyaknya nelayan yang ada di kawasan pesisir Kabupaten Tuban tidak berani untuk melaut karena gelombang yang sangat tinggi hingga mencapai lima meter di tepi pantai. Sehingga mengalami kelangkaan ikan di TPI.

“Ya hampir selama satu minggu ini ikan masih langka mas, karena belum ada yang berani melaut. Kalau ada yang beranipun itu biasa hanya mencai ikan di pinggir-pinggi saja, jadi ikannya kecil-kecil,” lanjut Suprapti. (bjt) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *