Gedung Pemkab Malang Tertinggi di Kota Kepanjen

Gedung Pemkab Malang Tertinggi di Kota Kepanjen

Bintang Pos, Surabaya– Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menjadi satu-satunya bangunan paling tinggi di Kota Kepanjen. Sejak tahun 2010 lalu, Kementerian Dalam Negeri menetapkan Kota kecil Kepanjen sebagai Ibu Kota Kabupaten Malang. Guna mengembangkan potensi daerah di era otonom dewasa ini, seluruh aspek sarana dan prasarana mulai disiapkan.
Salah satunya, membangun gedung pemerintahan, pendopo dan rumah dinas Bupati Malang Rendra Kresna. Seluruh prasarana itu di bangun diatas lahan seluas 5 hektar sejak 2007 lalu. Posisinya, berada di Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen. Bertingkat 7, kantor baru ini masuk catatan sejarah. Sejarah pertama, Rendra Kresna adalah Bupati perdana yang menempati rumah dinas barunya di Kepanjen sebagai Ibukota Pemerintahan yang baru.

Kedua, sejarah juga mencatat bangunan kantor menjadi yang tertinggi di Kepanjen sekaligus bangunan tertinggi kantor kepala daerah se Malang Raya.  Ketiga, sejarah mencatat perpindahan tahun 2013 di Kepanjen ini, akan menggeser pusat pemerintahan di Kantor Lama Jalan KH Agus Salim, Kota Malang menuju Jalan Raya Panji, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Rendra Kresna, terpilih sebagai Bupati Malang usai memenangi pilkada pada 2009 lalu. Sebelumnya, Rendra adalah Wakil Bupati yang notabene, turut andil dalam maket pembangunan Kantor Pemkab Malang di Kepanjen dengan anggaran puluhan milyar. Saat ditanya berapa anggaran total mewujudkan fisik bangunan tertinggi dalam sejarah Kabupaten Malang itu? “Kalau anggarannya ya puluhan milyar lah. Kita ambilkan dari APBD per tahunnya. Lama pengerjaan sekitar 6 tahunan,” ungkap Rendra, Senin (13/5/2013).

Hari ini sejak pagi, selamatan pindah kantor baru di pimpin langsung Bupati Malang. Dengan menggelar Khotmil Qur’an, Rendra akan mengerjakan aktifitas pemerintahannya dari rumah dinasnya yang baru. “Sementara, saya ngantor dirumah dinas yang baru dulu. Masalahnya, ruang kerja saya masih harus dilakukan finishing,” tegasnya.

Rumah dinas Rendra, berada di samping kanan gedung bertingkat. Gedung itu, belum seratus persen selesai. Masih perlu finishing terakhir untuk selanjutnya ditempati seluruh staf dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Malang secara bertahap sampai akhir 2014 mendatang. Dijelaskan Rendra, jam kerja ngantornya akan dimulai hari ini dengan memanfaatkan rumah dinas baru.

Ia, mempersilahkan seluruh tamu dan relasinya, berkunjung ke tempat barunya sebagai kepala daerah. “Di Kepanjen untuk sementara waktu sampai jam kerja dulu. Untuk tugas-tugas lainnya, bisa kita kerjakan malam hari di rumah dinas lama di Kota Malang. Tapi malam ini, kita akan melek’an dulu ya,” paparnya.

Lembar sejarah baru pemerintahan Kabupaten Malang mulai dibuka di Kepanjen. Seiring munculnya Kantor Bupati yang baru, geliat Kota Kepanjen mulai terasa. Pertumbuhan ekonomi, kepadatan sumberdaya manusia, dan tata kota pemerintahan mulai menggeliat. (bjt-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *