Gaji PM Singapura Tertinggi di Dunia

Gaji PM Singapura Tertinggi di Dunia

Bintang Pos, Surabaya: Singapura— Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mempertahankan posisinya sebagai kepala negara dengan gaji tertinggi di dunia. Data yang dirilis oleh Yahoo Singapura merilis 7 besar kepala negara berpenghasilan tertinggi. Lee yang memimpin negeri jiran tersebut sejak 2004 ini digaji sebesar 2,2 juta dollar Singapura per tahun (sekitar Rp 17 miliar).

Pendapatan Lee sendiri sudah dipotong sebesar 36 persen tahun lalu menyusul kritik pedas masyarakat terhadap tingginya pendapatan politikus. Selain itu, jatuhnya perolehan suara Partai Aksi Rakyat di pemilu 2011 juga menjadi faktor pemotongan gaji.

Politikus Singapura dikenal memiliki pendapatan yang sangat tinggi. Pemerintah beralasan gaji selangit yang bahkan lebih besar dari politisi Amerika itu dibutuhkan untuk mencegah terjadinya korupsi, selain untuk menarik minat talenta-talenta yang ada untuk terjun ke dunia politik.

Lee unggul jauh dari Kepala Eksekutif Hongkong Leung Chun Ying yang berada di urutan kedua. Leung digaji 642.173 dollar Singapura per tahun. Memimpin negara superpower dengan 314 juta penduduk, Presiden Barack Obama berada di urutan ketiga dengan pendapatan setara 500.720 dollar Singapura per tahun. Afrika tidak ketinggalan dengan menempatkan Uhuru Kenyatta di urutan kelima. Presiden Kenya yang baru terpilih beberapa minggu lalu ini digaji setara 390.561 dollar Singapura per tahun.

Benua Eropa menempatkan Presiden Irlandia Michael Higgins dan Presiden Perancis Francois Hollande di urutan ke-4 dan ke-7. Sementara itu, PM Kanada Stephen Harper berada di urutan ke-6.

Yang menarik adalah gaji bulanan Presiden Perancis bahkan tidak cukup untuk membeli mobil di Singapura. Sementara itu, gaji bulanan PM Kanada hanya cukup untuk membayar uang muka apartemen 5 kamar di Singapura.(kom-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *